Bazar Belitung Kreatif catatkan transaksi sebesar Rp800 juta

Nusantaratv.com - 14 November 2022

Aktivitas malam di Bazar Belitung Kreatif I Tahun 2022 (ANTARA/Kasmono)
Aktivitas malam di Bazar Belitung Kreatif I Tahun 2022 (ANTARA/Kasmono)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mencatat nilai transaksi Bazar Belitung Kreatif I yang berlangsung 9 - 13 November di Pantai Tanjung Pendam mencapai Rp800 juta.

"Laporan jumlah transaksi keuangan selama lima hari pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I diperkirakan sekitar Rp800 juta," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung Annyta di Tanjung Pandan, Senin.

Sedangkan jumlah pengunjung kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam selama pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I Tahun 2022 mencapai 15.000 pengunjung, katanya.

"Jumlah pengunjung Pantai Tanjung Pendam meningkat selama berlangsungnya Bazar Belitung Kreatif I dari 1.000 pengunjung per hari menjadi 2.000 sampai 3.000 pengunjung per hari," ujarnya.

Menurut dia, transaksi dan perputaran ekonomi selama berlangsungnya pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I Tahun 2022 dirasakan sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu.

"Memang pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I ini tujuannya adalah untuk memberikan stimulus dan membangkitkan kembali kondisi ekonomi pelaku UMKM di Belitung setelah pandemi COVID-19," katanya.

Bazar Belitung Kreatif I Tahun 2022 diikuti oleh sebanyak 150 stan terdiri dari subsektor kuliner sebanyak 126 stan dan subsektor non-kuliner 24 stan.

"Bazar Belitung Kreatif I diharapkan dapat mengakomodir pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata untuk kembali bersemangat dan menjual produknya demi kemajuan perekonomian di Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan Dinas Pariwisata Belitung selanjutnya akan menggelar Bazar Belitung Kreatif II pada awal Desember mendatang, guna terus mendorong kebangkitan ekonomi pelaku UMKM dan pariwisata di daerah itu.

"Bagi yang belum bisa mengikuti kesempatan bazar tahun ini mungkin agak sedikit kecewa, mari berpartisipasi pada bazar kedua yang akan kembali kami selenggarakan awal Desember nanti," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close