Bawaslu Makassar lantik 45 Panwascam

Nusantaratv.com - 29 Oktober 2022

Pelantikan 45 Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kota Makassar untuk pemilihan umun serentak 2024 di Makassar, Jumat (28/10/2022). ANTARA Foto/HO-Bawaslu Makassar
Pelantikan 45 Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kota Makassar untuk pemilihan umun serentak 2024 di Makassar, Jumat (28/10/2022). ANTARA Foto/HO-Bawaslu Makassar

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar melantik 45 dan melakukan pengambilan sumpah janji jabatan anggota Panitia Pengawas Kecamatan  (Panwascam) se-Kota Makassar pada pemilihan umun serentak 2024, di Makassar, Sulsel, Jumat (28/10).

Ketua Bawaslu Kota Makassar Abdillah Mustari menyatakan dalam penentuan 45 anggota Panwascam ini penuh dengan tekanan.

"Namun kami yakin jika yang kami putuskan adalah yang mampu diperhitungkan di masyarakatnya, dan kami percaya kalian akan menjadi pandu ibu negara kita ini, sebagaimana lagu kebangsaan Indonesia Raya," katanya.

Dia juga menambahkan, sesuai mars Bawaslu, integritas yang diutamakan. Oleh karena itu semua dituntut untuk harus bekerja dengan maksimal, berpedoman pada aturan.

"Ketika banyak yang mencurigai, maka kita harus tunjukkan kinerja yang baik, on the track," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan Panwaslu Kecamatan merupakan ujung tombak dalam menciptakan pemilihan umum pada 2024 mendatang yang adil dan demokrasi.

Karena itu, dia berharap agar seluruh Panwascam yang berjumlah 45 orang melaksanakan tanggungjawabnya sesuai dengan amanat Undang-Undang.

"Panwas Kecamatan ini harus menciptakan pemilihan yang jujur dan adil, demi terciptanya demokrasi yang sehat, sebagaimana dalam undang-undang," kata Rudianto Lallo.

Legislator dua periode Makassar itu berharap kepada seluruh penyelenggara yang baru saja dikukuhkan menjaga netralitas, independen, dan menjauhi potensi terjadi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Jabatan sebagai Panwascam dianggap berpotensi dimasuki oleh oknum yang mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan negara.

"Tugas dan tanggung jawab Panwascam jelas. Dalam pengambilan sumpah janji jabatan yang baru dilaksanakan ini, poin utamanya mereka harus jujur dan adil," ujar dia.

Baginya, sumpah itu memiliki keterikatan dengan Tuhan yang Maha Esa, semoga seluruh penyelenggara diberikan kekuatan, kesehatan mewujudkan demokrasi, dan tentunya tahan godaan materi dari pihak luar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])