Bawaslu Kota Padang Ajukan Anggaran Rp16 Miliar

Nusantaratv.com - 15 November 2022

Ketua Bawaslu Padang Dorri Putra (kiri) dan Anggota Bawaslu Padang Yuhesni Helmy (kanan) bersama peserta Sosialisasi Sengketa Pemilu di Padang, Selasa (ANTARA/Mario Sofia Nasution)
Ketua Bawaslu Padang Dorri Putra (kiri) dan Anggota Bawaslu Padang Yuhesni Helmy (kanan) bersama peserta Sosialisasi Sengketa Pemilu di Padang, Selasa (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, Sumatera Barat mengajukan anggaran hibah pengawasan Pilkada Padang 2024 sebesar Rp16 miliar ke Pemkot Padang.

Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra di Padang, Selasa mengatakan pengajuan ini memang lebih besar 100 persen dari anggaran Bawaslu saat Pilkada Padang 2018.

Menurut dia pengajuan sudah disampaikan dan pihaknya masih menunggu arahan dari Pemkot Padang untuk membicarakan kebutuhan anggaran pengawasan tersebut.

Menurut dia tahapan Pilkada Padang akan dimulai pada 2024 dan dirinya berharap sebelum tahapan dimulai anggaran tersebut harusnya dibahas pada 2023.

Ia menyebutkan kebutuhan anggaran ini sebagian besar akan fokus untuk honor tenaga ad hoc yang direkrut Bawaslu Padang, selain itu ada juga panwaslu kecamatan, pengawas kelurahan dan pengawas TPS.

Menurutnya dalam Pilkada Padang 2018 jumlah TPS di Kota Padang mencapai 1.900 orang dan kemungkinan jumlahnya terus bertambah di 2024 nanti.

"Jumlah honor pengawas TPS dan pengawas kelurahan ini juga membutuhkan anggaran," kata dia.

Selain itu anggaran tersebut juga digunakan untuk melakukan sosialisasi pengawasan baik kepada panwaslu kecamatan dan masyarakat selain itu juga dilakukan bimtek internal.

"Sejauh ini kami juga koordinasi dengan KPU Padang memang belum ada koordinasi dengan Pemkot soal pembahasan anggaran ini," kata dia.

Kemudian untuk berbagi anggaran dengan Bawaslu Sumbar saat ini juga belum ada petunjuk teknis namun ia mengatakan sharing anggaran ini dapat dilakukan saat Pilkada Gubernur dan Pilkada Kota Padang.

"Kita melakukan pengawasan Pilgub Sumbar dan Pilkada Padang secara serentak sehingga anggaran bisa diambil dari satu kegiatan saja," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close