Bareskrim Bakal Proses Indra Kenz

Nusantaratv.com - 23 Februari 2022

Ilustrasi Robot Trading
Ilustrasi Robot Trading

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kisruh investasi bodong termasuk judi Binomo dan robot trading masih menjadi sorotan. Indra Kenz yang dikenal sebagai Crazy Rich asal Medan harus berurusan dengan polisi karena kasus Binomo.

Sebagai informasi, Indra Kenz dilaporkan oleh para korban Binomo ke polisi. Mereka mengaku terpikat investasi melalui aplikasi Binomo lantaran dijanjikan keuntungan hingga 85 persen.

Selain itu, para korban juga diduga terpengaruh oleh konten-konten promosi yang dibuat oleh Indra Kenz melalui YouTube, Instagram dan Telegram yang mengatakan bahwa Binomo merupakan aplikasi legal dan resmi di Indonesia.

Nyatanya Binomo masuk dalam investasi robot trading bodong yang telah diblokir oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Bahkan, para korban aplikasi Binomo menggelar aksi pada pukul 13.00 WIB dengan titik kumpul di Jalan Raden Patah 1, Jakarta Selatan atau dekat dengan Mabes Polri.

Pengacara korban Binomo, Finsensius Mendrofa menjelaskan bahwa aksi itu dilakukan buntut Indra Kenz yang belum diperiksa oleh penyidik lantaran pergi ke luar negeri. Menurutnya, para korban meminta agar ada segera penetapan tersangka dalam kasus itu.

Para korban, kata dia, juga akan meminta dilakukan penjemputan kepada pihak yang tidak kooperatif dalam proses hukum kasus ini.

"Untuk segera ditetapkan tersangka dan disita semua aset dan juga dilakukan penjemputan paksa oleh Bareskrim Mabes Polri," kata dia.

Apalagi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga sudah merespons rencana aksi unjuk rasa yang bakal digelar di Mabes Polri oleh para korban dugaan penipuan skema trading binary option atau perdagangan opsi biner melalui aplikasi Binomo.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menegaskan bahwa proses penyidikan yang tengah berlangsung tak akan dapat diintervensi.

"Dalam proses penyidikan, para penyidik tidak dapat diintervensi baik oleh pelapor maupun terlapor," kata Whisnu kepada wartawan, Senin (21/2).

Selain itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga sedang memantau aliran dana dari investor ke berbagai pihak diduga menjual produk investasi bodong.

Tidak hanya penyedia layanan, PPATK juga menyebut tengah menginvestigasi harta para influencer yang dari unggahan sosial media terlihat bertambah signifikan dalam waktu cepat akibat praktik tersebut.

Kepala PPATK Ivan Yustiavanda mengatakan bahwa pihaknya "juga telah melakukan pemantauan dan melakukan penghentian sementara transaksi."

PPATK mempunyai kewenangan melakukan penghentian sementara transaksi selama 20 hari kerja. Selanjutnya berkoordinasi serta melaporkan kepada penegak hukum terhadap transaksi mencurigakan dalam nominal besar terkait investasi yang diduga bodong.

"Pertimbangan PPATK dalam melakukan langkah tersebut antara lain karena adanya laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan dari Penyedia Jasa Keuangan serta sejumlah profiling yang tidak wajar," ujar Ivan.

Profiling yang tidak wajar termasuk ketika seseorang tiba-tiba memiliki harta yang cukup besar dalam waktu singkat dan tanpa diketahui usahanya atau tidak sesuai dengan penghasilan profesinya atau bahkan tidak diketahui profesinya secara jelas.

Ivan juga mengungkapkan bahwa terdapat sebanyak 77 rekening yang dimiliki oleh 44 pihak yang berada di 48 penyedia jasa keuangan rekening terkait investasi bodong yang telah dilakukan penghentian sementara oleh PPATK dengan jumlah dana dalam seluruh rekening sebesar Rp 28,24 miliar.

Sebelum ramai dibicarakan publik, para influencer dan afiliator yang membantu memasarkan investasi bodong sering memamerkan kekayaan yang dihasilkan di media sosial.

Konten-konten self serving crazy rich atau sematan panggilan sultan tersebut mampu menarik perhatian masyarakat dan warganet Indonesia.

Engagement tersebut pada akhirnya mampu memperbesar jumlah pengikut dan jangkauan yang dapat diraih.

Ketika para investor rugi besar, para afiliator diketahui mampu mengoleksi tidak hanya satu, bahkan sampai beberapa mobil sport dan beragam barah merah lainnya.

Pamer kekayaan atau flexing yang merupakan bagian dari upaya marketing juga dilakukan dengan membagikan giveaway, hadiah hingga donasi dalam jumlah fantastis.

Sejatinya, platform Binomo telah tersedia di lebih dari 130 negara di dunia, termasuk di antaranya adalah Indonesia.

Situs website dan aplikasi Binomo adalah salah satu platform trading online yang menyediakan berbagai pilihan aset untuk perdagangan.

Belakangan, Binomo tidak termasuk aplikasi legal berdasarkan regulasi yang ada di Indonesia. Makanya, Indra Kenz dipermasalahkan dan diminta menghapus semua kontennya seputar Binomo.

Cara kerja Binomo cukup sederhana. Setelah melakukan deposit maka kamu bisa memilih berbagai aset yang tersedia yang bisa trading.

Trading di Binomo adalah analisa aset tersebut, baik secara teknikal maupun fundamental, dan kamu harus berdagang sendiri alias tidak menggunakan bot karena itu merupakan penipuan.

Sebelum memutuskan untuk trading dengan menggunakan akun real, kamu bisa mempelajari trading dengan menggunakan akun demo.

Tetapi tidak ada strategi yang dapat menjamin keberhasilan, karena ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman.

Ada beberapa pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih seperti kartu bank atau e-wallet. Deposit dan penarikan minimum untuk Binomo di Indonesia adalah $10 Dollar atau setara dengan Rp 140 ribu.

Withdraw dana di Binomo membutuhkan beberapa menit sampai dengan 3 hari kerja atau lebih, tergantung pada jenis akun dan juga sistem pembayaran yang kamu pilih.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close