Bara di Semenanjung Korea, Kim Jong Un Ancam Musnahkan Korsel Pakai Nuklir

Nusantaratv.com - 10 Januari 2024

Kim Jong Un/ist
Kim Jong Un/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Perdamaian dunia sedang menghadapi ancaman serius. Pasalnya, konflik bersenjata diantara negara-negara di dunia semakin meluas. Terbaru, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un kembali melontarkan pernyataan bernada provokatif terhadap tetangganya Korea Selatan. 

Kim Jong Un menyerukan penguatan senjata nuklir dan menyatakan siap memusnahkan Korea Selatan. 

Bahkan secara terang-terangan Kim Jong Un melabeli Korsel sebagai musuh utama.

Kim Jong Un menyatakan prioritas negaranya adalah meningkatkan kemampuan militer untuk pertahanan diri dan senjata nuklir.

Kim Jong Un menegaskan negaranya tidak takut menghadapi perang.

"Jika Korea Selatan berani berupaya menggunakan angkatan bersenjata untuk melawan Korea Utara atau mengancam kedaulatan dan keamanan negara tersebut dan peluang tersebut datang, kami tidak akan ragu memusnahkan Korea Selatan dengan memobilisasi segala cara dan kekuatan yang ada di tangan kami," ucap Kim Jong Un saat mengunjungi pabrik senjata pada Senin dan Selasa pekan ini.

Baca juga: Kim Jong Un Perintahkan Militernya untuk Mempercepat Persiapan Perang 

KCNA menggambarkan kunjungan tersebut sebagai dorongan bagi para pekerja senjata "dalam berjuang mencapai tujuan produksi senjata besar di tahun baru."

Pernyataan Kim Jong Un ini diperkirakan akan meningkatkan ketegangan Korut dan Korsel.

Di awal tahun, Kim Jong Un dan adiknya, Kim Yo Jong, berulang kali menyatakan siap perang melawan Korsel.

Korut bahkan sempat menembakkan lebih dari 200 artileri ke perbatasan Korsel hingga memicu Seoul mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga di dua pulau dekat perbatasan.

Memanasnya Korut-Korsel dipicu kerja sama militer dan pertahanan antara Korsel dan Amerika Serikat yang kian mesra. Korut semakin geram karena belakangan AS dan Korsel juga makin sering melakukan latihan militer bersama. Latihan militer bersama tersebut dinilai Korut dilakukan guna mempersiapkan menyerang negaranya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close