Bappeda Kabupaten Jayapura: Penyerapan Dana Otsus Sudah 85 Persen

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota. (ANTARA/Ardiles Leloltery)
Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota. (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Papua menyebutkan secara keseluruhan penyerapan dana otonomi khusus (Otsus) yang diterima oleh Organisasi Perangkat Daerah dan distrik setempat hingga awal November 2022 sudah mencapai 85 persen.

Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura Parson Horota di Sentani, Senin, mengatakan pihaknya berharap agar penyerapan dana otsus hingga Desember 2022 bisa mencapai 95 persen sementara untuk fisik harus 100 persen.

Menurut Parson, pihaknya memiliki tugas dan fungsi seperti pengawasan, pengendalian dan monitoring terhadap pembangunan yang di lakukan dengan menggunakan dana otsus 2022.

"Semua itu harus diberitahukan kepada kami, untuk selanjutnya disampaikan ke Pemprov Papua," katanya.

Dia menjelaskan Bappeda Kabupaten Jayapura juga melakukan monitoring terhadap bantuan beasiswa dari pemerintah daerah setempat bagi mahasiswa yang kuliah di Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui dana otsus.

"Ini merupakan tugas-tugas kami dalam melakukan pengawasan terhadap dana otsus 2022," ujarnya.

Dia menambahkan dana otsus 2022 yang diterima Bappeda Kabupaten Jayapura melalui program block grand sebesar Rp962,8 juta.

Anggaran tersebut, kata dia, digunakan untuk melaksanakan monitoring serta membuat pelaporan ke Pemerintah Provinsi Papua pada pelaksanaan anggaran pembiayaan baik kegiatan fisik maupun non fisik.*(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close