Bank Sampah Gantari Berdayakan Ekonomi Warga Paninggilan Utara Ciledug

Nusantaratv.com - 18 Oktober 2023

Bank Sampah Gantari berdayakan ekonomi warga Paninggilan Utara Ciledug/Istimewa
Bank Sampah Gantari berdayakan ekonomi warga Paninggilan Utara Ciledug/Istimewa

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Keberadaan Bank Sampah Gantari di lingkungan RW 06, Kelurahan Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Banten yang didirikan sejak 27 Maret 2022, memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi warga.

Bank Sampah Gantari _(dari bahasa sansekerta yang artinya bersinar-red)_, diinisiasi dan digagas oleh Ketua RT 002 RW 06, Paninggilan Utara, Harry Probo Laksono, S.Kom. 

Pada awal didirikannya Bank Sampah Gantari anggotanya hanya terdiri dari 5 orang saja. Namun seiring waktu berjalan, jumlah anggota atau nasabah Bank Sampah Gantari saat ini sudah bertambah menjadi 159.

Proses penimbangan sampah di Bank Sampah Gantari dilakukan setiap hari Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Menurut Ketua RT 002 RW 06, H. Warto Pambudi, SH, kehadiran Bank Sampah Gantari dapat membantu perekonomian warga, khususnya di lingkungan RW 06 Paninggilan Utara. 

"Kami sangat mendukung dengan adanya Bank sampah ini. Karena warga sekitarnya merespon dengan berdirinya bank sampah tersebut sehingga warga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan sampah rumah tangga." ujar Warto Pambudi.

Salah satu anggota Bank sampah Gantari ibu Sulami mengaku sangat merasakan  betul dampak ekonomi dengan adanya Bank Sampah Gantari tersebut.  

"Alhamdulillah dengan adanya Bank sampah saya mendapatkan tambahan penghasilan dari bank sampah dan juga bisa memelihara kebersihan lingkungan dan memanfaatkan sampah sampah rumah tangga." kata Sulami.

Adanya Bank Sampah Gantari di lingkungan RW 06 disambut positif Lurah Paninggilan Utara, Agus Lesmana. 

"Kami menyambut baik dan sangat mendukung dengan adanya Bank Sampah Gantari di lingkungan RW 06. Semoga warga khususnya di wilayah Paninggilan Utara bisa memilah dan memilih sampah sehingga bisa menjadi anggota Bank sampah di sekitarnya. Saya berharap bank sampah ini bisa semakin maju dan menjadi contoh tentang pengelolaan bank sampah." ujar Lurah Paninggilan Utara, Agus Lesmana.***

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close