Banjir Parah 1,5 Meter Rendam Cimahi, Dua Sekolah Terpaksa Diliburkan

Nusantaratv.com - 06 Desember 2023

Ilustrasi banjir melanda Cimahi/ist 
Ilustrasi banjir melanda Cimahi/ist 

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Sejumlah wilayah di Kota Cimahi, Jawa Barat dilanda banjir parah dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Akibatnya proses belajar mengajar di Kompleks Yayasan Pendidikan Miftahul Huda, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat terpaksa diliburkan pada Selasa (5/12/2023).

Genangan air pada Rabu (6/12/2023) di MTS Darussalam dan MI Miftahul Huda sudah surut tapi belum memungkinkan untuk digunakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Guru dan tenaga pendidik dibantu para siswa bergotong-royong membersihkan sisa-sisa banjir seperti lumpur yang masih menempel di semua ruangan. Buku-buku dan peralatan sekolah juga habis terendam.

Seharusnya, para siswa hari ini mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS). Namun harus tertunda karena sekolah terendam banjir.

Ujian tengah semester tak memungkinkan dilakukan. Lumpur masih mengotori semua ruangan sekolah. Buku-buku, dokumen sekolah, tak ada yang luput dari terjangan air setinggi 150 sentimeter.

Guru MTS Darussalam Deden Ahmad mengatakan, kejadian banjir menerjang kompleks sekolah sudah beberapa kali terjadi. Namun menurutnya banjir paling parah terjadi kali ini.

Baca juga: Pemkot Pekalongan Prioritaskan Penataan Kawasan Kumuh Rawan Banjir

"Memang kalau permukiman sekitar banjir di sekolah juga pasti banjir. Sekarang paling parah, dan kebetulan enggak ada orang di sekolah karena pada sibuk mengamankan rumah masing-masing," ujar dia.

Dia mengungkapkan banjir merusak sejumlah fasilitas sekolah seperti arsip dan dokumen dan sebagainya.

"Perabotan meja kursi semua terangkat air. Dokumen dan arsip seperti ijasah, lembar kerja siswa, buku basah semua. Kalau untuk elektronik ada satu unit komputer Tata Usaha yang rusak dan ada speaker, selebihnya aman," beber Deden, mengutip okezonecom.

Pihaknya menetapkan kebijakan sekolah diliburkan. Kemungkinan para siswa hanya akan diliburkan sehari. 

"Paling kita libur 1 hari, mudah-mudahan selesai bersih-bersih. Soalnya anak-anak lagi penilaian akhir semester juga," tandasnya.

 

      

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close