Banjir Palangkaraya Sudah Hampir Sepekan, Ketinggian Air Capai 2 Meter!

Nusantaratv.com - 13 Maret 2024

Sejumlah wilayah di Kota Palangkaraya sudah sepekan dilanda banjir/ist
Sejumlah wilayah di Kota Palangkaraya sudah sepekan dilanda banjir/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang sudah berlangsung hampir sepekan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan surut. Per hari ini, Rabu (13/3/2024), genangan air masih merendam 4 Kecamatan, yakni Jekan Raya, Pahandut, Bukit Batu, dan Sebangau, serta 18 Kelurahan di wilayah Kota Palangkaraya. Ketinggian air dilaporkan di lokasi terparah mencapai dua meter.

Banjir yang terjadi sejak Sabtu (9/3/2024) tersebut disebabkan meluapnya Sungai Rungan dan Sungai Kahayan. 

Sebanyak 17.965 jiwa dikabarkan terdampak akibat banjir musiman ini. Para warga terdampak ditampung di Posko Pengungsian yang tersebar di sejumlah titik.

Lurah Ketuk Katimpun, Berita Asi mengatakan warga masih beraktivitas dengan normal. Namun para warga harus menggunakan transportasi perahu kelotok.

Baca juga: Banjir Terjang 3 Kabupaten di Madura, Ketinggian Air Sampai 1,5 Meter

Selain merendam rumah belasan ribu warga, banjir juga menggenangi sekolah, rumah ibadah, jalanan dan fasilitas publik lainnya. Alhasil, aktivitas warga mengalami gangguan karena banyak akses jalan yang tidak bisa dilalui. 

Sementara itu, Sri Wanti mengatakan pihaknya telah menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi.

"Posko penanggulangan banjir dan dapur umum telah didirikan untuk menyediakan konsumsi bagi warga yang terdampak serta memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan," kata dia.

Sri Wanti mengaku sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Marina Permai untuk menempatkan tim tenaga kesehatan di posko pengungsian, sehingga bisa memeriksa secara berkala kondisi kesehatan para pengungsi.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close