Banjir Kota Jambi, Ribuan Rumah Warga Terendam

Nusantaratv.com - 04 Januari 2024

Kota Jambi dilanda banjir besar yang merendan ribuan rumah warga/ist
Kota Jambi dilanda banjir besar yang merendan ribuan rumah warga/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kota Jambi dilanda banjir besar. Luapan air terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur membuat debit air Sungai Batanghari meningkat drastis. Ribuan rumah warga di Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi dilaporkan terendam.

"Setidaknya ada 1.178 unit rumah warga, 1.258 KK dan 4.453 jiwa yang terdampak banjir," ungkap Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi, Serma Rudiyanto, Kamis (4/1/2024).

Serma Rudiyanto mengatakan banjir juga menyebabkan kemacetan lalu lintas karena jalan tergenang air. 

"Ini akibat meluapnya Sungai Batanghari lantaran di awal tahun 2024 intensitas hujan yang cukup tinggi," kata Rudi.

Dia menambahkan, jalan menuju kampung Danau Sipin terendam air sepanjang lebih kurang 150 meter dengan ketinggian air berkisar sekitar 40-50 cm.

Baca juga: Sembilan Daerah di Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir

"Akibat banjir ini, aktivitas warga sehari-hari banyak mengalami gangguan," imbuh Rudi.

Rudi pun terjun langsung mengevakuasi warga setempat.

"Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir," ujar Rudi. Diakuinya, ini adalah tanggung jawabnya tugas di wilayah binaannya terutama adanya wilayah terdampak banjir.

"Tidak hanya upaya evakuasi saja, namun juga menjadikan posko Babinsa menjadi posko penanganan banjir sekaligus sebagai posko penyimpanan dan pendistribusian bantuan logistik ke warga," tuturnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close