Banjir di Kebon Pala Jaktim, Air Naik Sagat Cepat Hingga Ketinggian 1 Meter

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Anak-anak malah asyik berenang di banjir yang melanda Kebon Pala Jaktim/ist
Anak-anak malah asyik berenang di banjir yang melanda Kebon Pala Jaktim/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter pada  Jumat (15/3/2024). 

Banjir terjadi akibat kiriman Bogor dan Depok yang menyebabkan air Kali Ciliwung di Kebon Pala meluap. 

Menurut keterangan warga air naik dengan cepat dalam hitungan beberapa jam hingga mencapai 110 meter pada Jumat dini hari.

"Banjirnya ini ada satu meter lebih, naiknya cukup cepat dari jam 12 malam," ujar Ahmad Syaifulloh warga RT 13/RW 04, Ahmad Syaifulloh.

Syaifulloh mengatakan banjir kiriman sudah sering terjadi di permukiman warga yang berada di bantaran Kali Ciliwung tersebut.

Baca juga: Banjir di Cawang-Jaktim, Ketinggian Air Capai 1,4 Meter

Meski ketinggian air terus naik namun warga tetap beraktivitas. Mereka terpaksa berjalan menerobos banjir yang tingginya sudah mencapai sepinggang orang dewasa. Sejumlah warga juga terpaksa memindahkan kendaraan seperti sepeda motornya ke tempat yang lebih tinggi. 

Banjir yang merendam RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu menyebabkan ratusan rumah warga terdampak. 

Ketua RT 13/RW 04 Sanusi menduga banjir itu dipicu debit air kiriman dari Bogor dan Depok karena tinggi muka air di Bendungan Katulampa dan Pos Pantau Depok tercatat naik menjadi siaga tiga. Tingginya intensitas hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Kamis pagi juga mengakibatkan debit air Kali Ciliwung meluap ke permukiman warga di kawasan Kebon Pala.

Walau terendam banjir, hingga kini belum ada warga Kebon Pala yang mengungsi ke posko pengungsian yang sudah disiapkan pengurus lingkungan.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close