Bandar lampung optimalkan puskesmas di sekitar titik terjauh

Nusantaratv.com - 12 November 2022

Pelayanan Kesehatan di Taman UMKM Bung Karno. Sabtu (12/11/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)
Pelayanan Kesehatan di Taman UMKM Bung Karno. Sabtu (12/11/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional mengoptimalkan pelayanan puskesmas di sekitarnya untuk menyentuh masyarakat yang berada di titik terjauh di kota setempat.

"Jadi dalam rangka memperingati HKN (Hari Kesehatan Nasional), ada hari di mana setiap puskesmas memberikan pelayanan kesehatan ke lokasi atau titik terjauh yang sulit mengakses puskesmas," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kotalampung Desti Mega Putri, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan, dari pelayanan kesehatan sekitar yang dilakukan oleh 31 puskesmas di Kota Bandarlampung, antusiasme masyarakat cukup tinggi dengan sebanyak 1.700 orang mengakses layanan yang diberikan.

"Jadi lokasi yang disasar adalah titik di mana akses ke puskesmas sangat sulit, karena tidak ada kendaraan umum atau lokasinya sedikit terisolasi," katanya.Diinformasikan apakah layanan puskesmas melingkar ini akan diterapkan selanjutnya, Desti mengungkapkan bahwa beberapa puskesmas di kota ini sudah ada yang membuat program utama.

"Ya, seperti Puskesmas Way Halim, Kemiling, dan All Mider telah menjadikan layanan puskesmas di sekitarnya sebagai program utama. Untuk yang lain belum melakukannya dan hanya pada HKN ini yang dioptimalkan," katanya.Beliau mengatakan bahwa dalam pelaksanaan layanan puskesmas sirkular, puskesmas akan membuka posco kesehatan tidak hanya di posyandu tetapi juga di rumah-rumah masyarakat yang menggunakan lebih mudah dijangkau.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan mulai dari deteksi penyakit tidak menular, skrining tekanan darah, berat badan, kolesterol, gula dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Kami juga melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat," ujarnya.Kemudian

, lanjutnya, pada Kamis (10/11) masih dalam jaringan HKN, seluruh puskesmas di kota melakukan kegiatan "salam sabar".

"Maksud saya setiap orang yang datang kepada kami memberikan wedang jahe untuk meningkatkan
imunitas tubuhnya," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close