Balitbang Kemenag Akan Bertransformasi Jadi Badan Moderasi Beragama

Nusantaratv.com - 13 Desember 2022

Diskusi Ahli tentang Transformasi Badan Litbang dan Diklat menuju Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (ANTARA/HO-Kemenag)
Diskusi Ahli tentang Transformasi Badan Litbang dan Diklat menuju Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (ANTARA/HO-Kemenag)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan (Balitbang Diklat) Kementerian Agama akan bertransformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ada empat program yang menjadi garapan lembaga ini," ujar Kepala Balitbang Diklat Suyitno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Suyitno merinci keempat program tersebut pertama, transformasi digital, kelembagaan, dan sarana-prasarana. Kedua, pemetaan dan penataan SDM. Hal tersebut penting karena berkaitan dengan pembinaan sumber daya manusia.

"Ke depan, ASN Kemenag akan dipetakan berdasarkan manajemen talenta, sehingga akan menjadi bank SDM," kata dia.

Ketiga, penguatan garis acuan (baseline) kebijakan bidang agama dan layanan keagamaan. Keempat, meningkatkan Jaminan Mutu dan Zona Integritas (Jamu Zotas).

"Dalam empat program utama ini yang menjadi core business-nya nanti adalah memastikan transformasi kelembagaan. Itu ditandai salah satunya adalah Puslitbang 1 yang berubah menjadi Pusat Moderasi Beragama," kata dia.

Selain itu, Kemenag saat ini sedang merancang program sistem deteksi dini. Sebagai upaya pencegahan ekstremisme dan intoleransi, Suyitno membayangkan akan mempunyai "BMKG’" ala Kemenag.

"BMKG sudah sangat baik membaca cuaca, cerah, mendung, berpotensi hujan dan lainnya. Namun, dalam konteks kerawanan sosial keagamaan, kita sering kecolongan," kata dia.

Suyitno yakin intoleransi juga mudah dideteksi, karena gejalanya ada. Oleh karena itu, kata dia, Kemenag sebagai penjaga pengarusutamaan Moderasi Beragama ingin agar terbentuk transformasi kelembagaan untuk mendeteksi konteks kerawanan sosial.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])