Bahlil Ingatkan Jangan Pilih Calon Pemimpin RI Cuma Pintar Ngomong

Nusantaratv.com - 08 Juli 2023

Bahlil Lahadalia. (Net)
Bahlil Lahadalia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengomentari soal kriteria pemimpin Indonesia. Menurut dia, seorang pemimpin tak bisa jika hanya mengandalkan kecerdasan.

Bahlil mengungkap kekhawatirannya jika Indonesia dipimpin sosok yang hanya jago berpidato. Menurut dia, menjadi pemimpin harus bisa mengambil keputusan tepat.

Bahlil pun memberi contoh mantan Perdana Menteri Inggris Liz Truss yang jago berpidato tapi salah dalam mengambil keputusan. Tahun 2022, Truss dianggap melakukan blunder dengan melakukan pemangkasan pajak, dan dia mengundurkan diri setelah hanya menjabat 6 minggu.

"Kecerdasan seseorang tidak cukup memimpin negara atau menjadi menteri. Menjadi menteri, menjadi pemimpin tidak cukup pidato-pidato saja. Apa kurangnya Truss dalam berpidato? Tapi begitu merumuskan kebijakan negara, keliru," kata Bahlil dalam Festival Gen Z 2023 by CentennialZ di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

"Saya takut Indonesia, kita pilih pemimpin yang jago retorika saja. Harus punya intuisi leadership dan ketepatan," imbuhnya.

Dirinya pun mencontohkan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok pemimpin ideal. Kendati sempat diragukan, Jokowi dinilai berhasil memimpin Indonesia.

Padahal, kata Bahlil, Jokowi tak jago berpidato dan tidak banyak memiliki referensi bacaan. Tapi, kata dia Jokowi pandai melakukan eksekusi.

"Pak jokowi kan retorikanya tidak terlalu pandai kan. Dengan bukunya, referensinya nggak banyak juga. Tapi Pak Jokowi konsisten menjalankan itu. Nah pertanyaannya, mau cari pemimpin pandai pidato atau pandai eksekusi?" kata Bahlil.

Dirinya mempersilakan para Gen Z yang hadir untuk memilih calon pemimpinnya masing-masing. Ia pun meminta untuk memeriksa sosok calon pemimpin dari track record-nya.

"Bagi saya itu, siapa pun silakan memilih. Tapi kalau ada pemimpin yang sudah menjabat, cek track record-nya. Yang bagus itu pandai pidato, pandai kerja. Cek banyak kerjanya, apa pidatonya," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close