Babinsa Biak Utara Bantu Warga Cara Mengolah Minyak Kelapa

Nusantaratv.com - 21 November 2022

Koramil 17081708-Biak Utara-Warsa saat membantu warga membuat minyak kelapa di Kampung Wasani, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua (21/11). (ANTARA/ HO - Penerangan Kodim Biak Numfor)
Koramil 17081708-Biak Utara-Warsa saat membantu warga membuat minyak kelapa di Kampung Wasani, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua (21/11). (ANTARA/ HO - Penerangan Kodim Biak Numfor)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil 17081708-Biak Utara Sertu Paulus Karuapi membantu warga mengolah minyak kelapa untuk menunjang kebutuhan perekonomian mereka di Kampung Wasani, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Sertu Paulus Karuapi dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Senin, mengatakan dengan membantu warga, maka bisa memupuk kebersamaan dan keharmonisan bersama masyarakat.
 
"Minyak kelapa merupakan salah satu olahan tradisional untuk menunjang kebutuhan ekonomi, baik dalam segi penjualan dan pemakaian sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat," katanya.
 
Menurut Paulus, dalam proses pengolahan minyak kelapa membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari mengingat jumlah buah kelapa yang dibutuhkan sebanyak 70 buah di mana mulai dari tahap pengupasan kelapa, proses pemarutan kelapa, peremasan hasil parutan kelapa, dan proses larutan santan di dalam wadah hingga tahap proses pemasakan dan tirisan hasil buah kelapa yang sudah menjadi minyak.
 
"Kami selaku babinsa telah membantu proses pengolahan minyak kelapa milik Martince Rumkabu, sekaligus merupakan pembelajaran bersama tentang bagaimana proses pembuatan minyak kelapa," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dalam pengolahan minyak kelapa membutuhkan waktu dan proses cukup panjang. Semua yang dilakukan sebagai wujud beradaptasi dengan lingkungan dan sebagai babinsa sudah seharusnya bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan masyarakat.
 
Sementara itu Martince Rumkabu selaku pemasak minyak kelapa merasa senang dan mengapresiasi keberadaan dan bantuan babinsa.
 
"Kami sebagai warga sangat senang dengan apa yang dilakukan babinsa. Mereka mau peduli dan memberi pelajaran cara mengolah minyak kelapa," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close