Atraksi Memukau 9 Pilot Pesawat Tempur F-16 TNI AU di Langit IKN: Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Ilustrasi atraksi pesawat tempur/ist
Ilustrasi atraksi pesawat tempur/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Atraksi sembilan pesawat tempur F16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara membuat perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Sabtu (17/8/2024) semakin meriah. 

“Kita saksikan bersama penampilan demo udara dari Garuda Flight, pesawat tempur F16 Fighting Falcon,” ujar Kapten Penerbang I Putu Satrya Kedaton ketika memandu atraksi pesawat tempur di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, dikutip dari Antara. 

Satrya menjelaskan terdapat tiga manuver yang ditampilkan oleh F16 Fighting Falcon tersebut.

Manuver pertama bernama High-G Turn, yang memungkinkan pilot untuk melakukan belokan lebih tajam dari biasanya. Kemudian, terdapat manuver high speed spiral climb, serta yang terakhir adalah manuver bomb burst.

“Selanjutnya adalah ucapan selamat ulang tahun langsung dari kokpit pesawat tempur F16 Fighting Falcon,” ujar Satrya.

Demo tersebut pada akhirnya ditutup dengan ucapan selamat ulang tahun dari salah satu pilot F16 Fighting Falcon, serta oleh Satrya.

“Dirgahayu Republik Indonesia. Nusantara baru, Indonesia maju,” kata Satrya mengakhiri atraksi dari TNI AU.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close