Atasi Inflasi Pasca Kenaikan BBM, Pemprov NTB Gelar Bazar Pangan Murah

Nusantaratv.com - 01 Oktober 2022

Pemprov NTB menggelar Bazar Pangan Murah dalam rangka pengendalian imflasi pasca naiknya harga BBM. Foto (Istimewa)
Pemprov NTB menggelar Bazar Pangan Murah dalam rangka pengendalian imflasi pasca naiknya harga BBM. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan Bazar Pangan Murah dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awwal 1444 Hijriah pada 8 Oktober 2022. 

Bazar Pangan Murah ini merupakan langkah pengendalian inflasi daerah akibat adanya penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Bazar Pangan Murah berlangsung diberbagai tempat strategis dan rentan pangan di wilayah NTB, diantaranya di SMKN 1 Gunung Sari, Lombok Barat (29 September 2022), Tugu Monumen Bumi Gora / CFD Udayana (02 Oktober 2022), Lapangan Karang Pule, Sekarbela (4-5 Oktober 2022) dan Halaman Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB (06 Oktober 2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, H. A. Azis, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok dan strategis  senantiasa tersedia dalam jumlah yang memadai, harga yang terjangkau dan terjamin keberlanjutannya.

"Dengan demikian masyarakat diharapkan agar tetap tenang,  tidak perlu resah, tidak perlu berspekulasi memborong bahan makanan walaupun  adanya  issu krisis pangan dunia, inflasi yang tinggi  ataupun adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM)," jelasnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkolaborasi bersama seluruh stakeholder,  terutama instansi atau OPD anggota TPID dan OPD yang memiliki pelayanan langsung kepada masyarakat,  dengan cara mengikutsertakan UMKM Pangan maupun Pelaku Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) yang menjadi Mitra Binaan masing-masing maupun langsung memberikan pelayanan secara mobile dan terpadu kepada masyarakat di lokasi Bazar Pangan Murah.

Adapun Komoditas pangan pokok dan pangan strategis yang disediakan dalam bazar pangan murah ini adalah sembako dan aneka olahan pangan,  seperti; beras, gula, minyak, telur ayam, daging ayam, cabai, bawang merah, bawang putih,  kedelai, jagung, ikan segar, sayuran dan aneka ragam olahan pangan segar asal tumbuhan  maupun pangan asal ikan dan hasil laut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])