Asosiasi Kepala Desa Sebut Dirinya Bapak Pembangunan Desa, Ini Respons Jokowi..

Nusantaratv.com - 29 Maret 2022

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menobatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Bapak Pembangunan Desa.

Apdesi menilai Jokowi telah menjalankan amanah dalam membangun desa. Selama kepemimpinan Jokowi, Apdesi menilai pembangunan desa berjalan penuh pemerataan.

"Kami nyatakan Bapak Presiden Jokowi sebagai Bapak Pembangunan Desa. Allahu Akbar," ujar Ketua Apdesi, Surta Wijaya dalam acara Silaturahmi Nasional Desa 2022, Selasa (29/3/2022).

Jokowi pun merespons julukan bapak pembangunan desa yang disematkan kepadanya. Menurut dia, yang layak disebut bapak pembangunan desa adalah para kepala desa yang selama ini membangun desa.

Sementara dirinya, kata Jokowi, selama ini hanya sebagai pengambil kebijakan.

"Tadi yang terakhir yang disampaikan Bapak Pembangunan Desa, yang layak itu bapak ibu semuanya, bukan saya. Yang membangun desa itu bapak ibu semuanya, yang kerja keras bapak ibu semuanya. Saya bagian policy di atas. Bapak pembangunan, bapak ibu semua," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menyinggung soal penyaluran dana desa sampai tahun ini yang mencapai Rp468 triliun.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, jumlah itu adalah uang terbesar yang digelontorkan untuk desa, sepanjang Indonesia berdiri.

"Oleh sebab itu hati-hati dalam mengelola, me-manage duit yang sangat besar sekali," tandas Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close