AS Tutup Kedutaan Afghanistan, Cabut Kekebalan Diplomat

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Ilustrasi. (Wall Street Journal)
Ilustrasi. (Wall Street Journal)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberi tahu para diplomat Afghanistan di negara itu di mana mereka bakal menutup kedutaan besar di Washington dan misi konsulat di Los Angeles dan New York.

Hal itu dikatakan satu sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Al Arabiya. Sumber itu juga menyebut para diplomat Afghanistan akan dicabut kekebalan diplomatiknya. Hal itu berdasarkan sebuah memo yang dikirim ke para diplomat Afghanistan pada awal pekan ini, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu, salah satu pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak ada perubahan dalam status misi Afghanistan atau personelnya. Tetapi sumber diplomatik mengatakan: "Mereka mengatakan akan ada penutupan kedutaan (di Washington) dan misi konsulat di Los Angeles dan New York."

Langkah Washington dilakukan kurang dari enam bulan setelah penarikan pasukan AS yang kacau dari Afghanistan dan jatuhnya Kabul ke tangan Taliban. Sedangkan Taliban belum diakui oleh banyak komunitas internasional, termasuk AS.

Namun, Norwegia menjadi tuan rumah bagi Taliban pekan ini untuk pertemuan dengan pejabat Barat. Yakni AS, Inggris, Norwegia, Prancis, Jerman, Italia, dan Uni Eropa yang bertemu dengan Taliban di Oslo.

Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melihat pemerintahannya runtuh pada 15 Agustus lalu setelah dia melarikan diri dari negara itu dan pasukan keamanan Afghanistan gagal mencegah Taliban mengambil alih.

Tetapi para diplomat di Kedutaan Besar Afghanistan di AS menolak untuk mengakui Taliban dan menolak semua upaya kelompok itu untuk membuka jalur komunikasi, kata Wakil Kepala Misi Abdul Hadi Nejrabi dalam sebuah wawancara bulan lalu kepada Al Arabiya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close