AS Tebar Sanksi ke Rusia, Larang Impor Makanan Laut hingga Berlian

Nusantaratv.com - 12 Maret 2022

Presiden AS Joe Biden. (Globe Echo)
Presiden AS Joe Biden. (Globe Echo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia pada Jumat (11/3/2022) waktu setempat.

Dalam pengumumannya, Biden ingin menurunkan hubungan perdagangan dengan Moskow. Dia menyasar sejumlah sektor khas ekonomi Rusia, termasuk makanan laut, vodka, dan berlian.

"Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami terus sejalan untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada (Vladimir) Putin dan untuk lebih mengisolasi Rusia di panggung global," kata Biden dalam sambutan yang disiarkan televisi dari Gedung Putih, dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (12/3/2022).

Gedung Putih mengatakan ini akan memangkas pendapatan ekspor Rusia hingga lebih dari US$1 miliar.

"Kami akan terus menekan Putin sampai Rusia tidak memiliki kemampuan  untuk mendapat bantuan dari lembaga internasional terkemuka, seperti Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia," imbuh Biden.

"Putin adalah agresor, dan Putin harus membayar harganya. Dia tidak bisa mengejar perang yang mengancam fondasi perdamaian dan stabilitas internasional dan kemudian meminta bantuan keuangan dari komunitas internasional," tukas orang nomor satu di Negara Paman Sam itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close