AS Sebut Militer Rusia Hampir 100 Persen Siap Invasi Ukraina

Nusantaratv.com - 24 Februari 2022

Militer Rusia hampir 100 persen siap melakukan invasi ke Ukraina. (AP)
Militer Rusia hampir 100 persen siap melakukan invasi ke Ukraina. (AP)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Amerika Serikat (AS) pada Rabu (23/2/2022) mengatakan Presiden Rusia Rusia Vladimir Putin kemungkinan siap untuk melakukan invasi ke Ukraina.

AS juga menyebut hampir 100 persen militer Rusia sudah siap mendukung keputusan Putin. "Kami menilai hari ini bahwa dia mendekati 100 persen dari semua kekuatan yang kami antisipasi bahwa dia akan bergerak. Dia hampir 100 persen," kata seorang pejabat pertahanan AS kepada wartawan tanpa menyebutkan identitasnya, dikutip dari Reuters, Kamis (24/2/2022).

Pejabat pertahanan AS itu mengatakan 80 persen dari sekitar 150.000 lebih pasukan Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina berada dalam 'posisi siap' yang tersebar dalam formasi serangan dalam jarak beberapa kilometer dari perbatasan.

"Dia sudah siap semuanya. Apakah mereka benar-benar bergerak atau tidak, itu tergantung Putin. Mereka bisa bergerak kapan saja sekarang," lanjut pejabat pertahanan AS itu.

Sementara itu, pada Selasa (22/2/2022), Presiden AS Joe Biden mengatakan invasi adalah 'permulaan'. Sedangkan pejabat pertahanan AS mengungkapkan belum memiliki bukti bila pasukan Rusia telah melintasi perbatasan ke Ukraina.

"Kami masih tidak dapat memastikan bahwa pasukan militer Rusia telah bergerak di daerah Donbas," kata pejabat pertahanan AS itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close