AS-Jerman Niat Kirim Kendaraan Tempur Lapis Baja ke Ukraina

Nusantaratv.com - 06 Januari 2023

Presiden Amerika Serikat (AS Joe) Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz berniat untuk mengirimkan kendaraan tempur lapis baja untuk membantu Ukraina melawan Rusia. (Anadolu Agency)
Presiden Amerika Serikat (AS Joe) Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz berniat untuk mengirimkan kendaraan tempur lapis baja untuk membantu Ukraina melawan Rusia. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS Joe) Biden dan Kanselir Jerman Olaf Scholz berniat untuk mengirimkan kendaraan tempur lapis baja untuk membantu Ukraina melawan Rusia. 

Biden dan Scholz mengungkapkan niat mereka dalam pembicaraan telepon pada Kamis (5/1/2023). Mereka sepakat akan terus memberikan dukungan finansial, kemanusiaan, militer, dan diplomatik yang diperlukan ke Ukraina selama diperlukan.

"Amerika Serikat bermaksud untuk memasok Ukraina dengan kendaraan tempur infanteri Bradley, dan Jerman bermaksud untuk menyediakan Ukraina dengan kendaraan tempur infanteri Marder. Kedua negara berencana untuk melatih pasukan Ukraina pada sistem masing-masing," demikian menurut pernyataan bersama, dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (6/1/2023).

Kedua pemimpin juga menegaskan niat mereka untuk mendukung kebutuhan mendesak Ukraina akan kemampuan pertahanan udara setelah serangan rudal dan drone Rusia terhadap infrastruktur Ukraina.

"Pada akhir Desember, Amerika Serikat mengumumkan donasi baterai rudal pertahanan udara Patriot ke Ukraina. Jerman akan bergabung dengan Amerika Serikat dalam memasok baterai pertahanan udara Patriot tambahan ke Ukraina," tambah pernyataan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])