Arus Balik di Tol Cikampek Arah Jakarta Masih Lengang

Nusantaratv.com - 25 April 2023

Ilustrasi. (Antara)
Ilustrasi. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemerintah memperkirakan puncak arus balik mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada Senin, 24 dan Selasa, 25 April 2023. Tapi, kondisi lalu lintas di Tol Cikampek arah Jakarta masih lengang.

Pengamatan di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Selasa (25/4/2023), pukul 18.50 WIB, jalanan lengang. Antrean kendaraan untuk tap in e-Toll sesekali nampak di gerbang tol.

Diperkirakan kendaraan dapat melaju hingga 80 km per jam. Untuk menempuh jarak 45 km menuju Jakarta memakan waktu 30 menit.

Mayoritas kendaraan yang melintas masih didominasi kendaraan pribadi. Rekayasa lalu lintas satu arah (one way) diketahui masih diterapkan dari Km 414 Tol Kalikangkung sampai Km 72 Tol Cikampek hingga pukul 24.00.

Rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) di Km 72 hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek pun masih diberlakukan hingga kini.

Diketahui, puncak arus balik mudik 2023 sebelumnya diprediksi terjadi pada kemarin dan hari ini. Namun, setelah adanya kebijakan terbaru pemerintah yang memungkinkan cuti diperpanjang, prediksi puncak arus balik menjadi bergeser.

"Kemudian tentunya terkait dengan pergeseran kita melihat tadi di peta di Jawa Tengah, memang kita lihat juga kegiatan masyarakat masih tinggi di wilayah aglomerasi, Jawa Barat juga sama," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Posko Mudik 2023 GT Cikampek Utama, hari ini.

"Ini mungkin juga karena masyarakat juga memanfaatkan kesempatan untuk mungkin mengunjungi tempat-tempat wisata atau pun melanjutkan kegiatan halalbihalal, tentunya ini juga menjadi perhatian kita," imbuhnya. 

Di samping jalur tol, Sigit mengatakan kegiatan masyarakat di jalur arteri juga dipantau. Menurutnya, jalur di luar tol mengalami peningkatan.

"Dan tentunya jalur arteri juga kemudian memiliki beban yang lebih tinggi daripada yang biasanya, karena memang kegiatan masyarakat di aglomerasi dan arteri juga tentunya menjadi kegiatan yang harus terus kita pantau," ucap Kapolri.

Sigit berharap masyarakat yang hendak balik ke Jakarta bisa memanfaatkan waktu pada 26-29 April untuk melakukan perjalanan. Dia memerintahkan seluruh anggotanya untuk siaga.

"Oleh karena itu, saya perintahkan pada seluruh anggota terkait dengan adanya pergeseran prediksi puncak arus balik, tentunya ini terjadi distribusi sampai dengan hari Minggu nanti saya minta untuk anggota tetap siap siaga baik di jalur tol maupun di jalur arteri," ucapnya.

"Sehingga kemudian distribusi dari puncak arus balik ini semuanya tetap bisa terlayani dengan baik, masyarakat betul-betul bisa terlayani dengan memanfaatkan distribusi dari waktu-waktu yang ada sampai hari Minggu nanti," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close