Arab Saudi Siapkan 4 Rumah Sakit dan 26 Puskesmas Layani Jamaah Haji di Mina

Nusantaratv.com - 07 Juli 2022

Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengkonfirmasi kesiapan 4 rumah sakit dan 26 puskesmas untuk melayani jamaah haji di Mina selama musim haji tahun ini. (Saudi Gazette)
Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengkonfirmasi kesiapan 4 rumah sakit dan 26 puskesmas untuk melayani jamaah haji di Mina selama musim haji tahun ini. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengkonfirmasi kesiapan 4 Rumah Sakit dan 26 Puskesmas untuk melayani jamaah haji di Mina selama musim haji tahun ini.

Kementerian menjelaskan fasilitas kesehatan di tempat-tempat suci itu menyediakan semua perawatan preventif, kuratif dan darurat kepada para peziarah melalui tenaga khusus dan berkualitas dengan menggunakan teknologi modern dan peralatan medis canggih.

Dikutip dari Saudi Gazette, Kamis (7/7/2022), terdapat sejumlah rumah sakit di Mina, yakni Emergency Hospital dengan kapasitas 190 tempat tidur termasuk 12 tempat tidur untuk darurat dan 34 tempat tidur untuk perawatan intensif. 

Kemudian, Mina Al-Jisr Hospital dengan kapasitas 150 tempat tidur, 36 di antaranya dialokasikan untuk kasus darurat dan 28 tempat tidur untuk perawatan intensif. Sedangkan kapasitas tempat tidur di Mina Al-Wadi Hospital adalah 160 dengan 24 tempat tidur darurat dan 25 tempat tidur perawatan intensif. 

Selanjutnya, The new Mina Street Hospital yang baru memiliki kapasitas 50 tempat tidur, termasuk 13 tempat tidur darurat dan 16 tempat tidur perawatan intensif.

Fasilitas kesehatan ini didukung oleh armada transportasi ambulans yang terdiri dari 100 ambulans kecil dan 75 ambulans besar, untuk menangani setiap kasus darurat.

Sementara itu, rumah sakit dan pusat kesehatan di Madinah menyediakan lebih dari 37.000 layanan medis untuk jamaah pra-haji, selain layanan kesadaran di pelabuhan masuk dan keberangkatan.

Layanan kesehatan termasuk melakukan 21 operasi kateterisasi jantung, 67 sesi dialisis, 31.205 vaksinasi, 27 tur kesadaran lapangan untuk menindaklanjuti penyediaan layanan kesehatan di pusat dan fasilitas kesehatan musiman, 68 buletin kesadaran elektronik untuk peziarah dalam beberapa bahasa. 

Di mana sebanyak 3.873 peziarah mendapat manfaat dari layanan kesadaran. Pelayanan juga diberikan di pelabuhan kedatangan dan keberangkatan di wilayah Madinah.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close