Arab Saudi Luncurkan Paspor Elektronik Baru, Dibekali Sistem Keamanan Tinggi

Nusantaratv.com - 11 Februari 2022

Paspor elektronik baru dirancang dengan spesifikasi keamanan modern tertinggi. (Saudi Gazette)
Paspor elektronik baru dirancang dengan spesifikasi keamanan modern tertinggi. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz Bin Saud Bin Naif pada Kamis (10/2/2022) meresmikan peluncuran paspor elektronik (e-passport) baru bagi warga negara Saudi.

Mayjen Khaled Al-Sikhan, Asisten Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) bidang teknis, mengatakan paspor elektronik baru merupakan titik balik dalam fase transisi dari paspor yang dapat dibaca ke paspor elektronik.

Disebutkannya, paspor elektronik baru dirancang dengan spesifikasi keamanan modern tertinggi, dan dipastikan kompatibel dengan persyaratan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Paspor elektronik Saudi yang baru ditandai dengan perubahan detail dan isinya, seperti perubahan warna eksternal dan perubahan fitur keamanan. Termasuk chip data terenkripsi untuk melindungi keamanan data.

"Kartu data paspor elektronik berisi informasi pemegang paspor, tiga foto dengan teknologi berbeda, dan kemungkinan verifikasi paspor secara digital melalui portal digital," ujar Al-Sikhan, seperti dilaporkan Saudi Gazette, Kamis (10/2/2022). 

Identitas Kerajaan telah dimasukkan di semua halaman paspor elektronik dengan menampilkan foto objek wisata penting di Kerajaan Saudi. "Warga Saudi sekarang dapat memperoleh paspor baru dengan cara biasa untuk meminta paspor sampai paspor yang dapat dibaca dihentikan selama fase transisi," jelas Al-Sikhan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close