Apa Itu Fenomena Equinox? Terjadi Hari Ini 21 Maret 2024

Nusantaratv.com - 21 Maret 2024

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Fenomena Equinox terjadi pada hari ini, 21 Maret 2024. Hal tersebut berlangsung di mana matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa dan jumlah siang serta malam hampir sama di seluruh dunia.

Menurut beberapa informasi, fenomena ini terjadi dua kali dalam satu tahun, yakni pada Maret dan September. 

Lantas apa itu Fenomena Equinox? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu Fenomena Equinox?

Mengutip dari laman BMKG, Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa, dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

Ketika fenomena ini berlangsung, di luar bagian bumi hampir relatif sama hal tersebut termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan.

Keberadaan fenomena itu tak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, sebab rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia mencapai 32-36°C.

Equinox bukan fenomena seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Sementara, menurut sub Koordinator Hubungan Pers dan Media Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwi Rini Endra Sari mengatakan, fenomena Equinox dapat menyebabkan peningkatan suhu di Indonesia. 

"Ya mungkin peningkatan suhu. Cuma tidak terlalu signifikan seperti yang terjadi di Afrika, Timur Tengah," tutur Rini kepada awak media. 

Rini kemudian menjelaskan jika fenomena Equinox ini tak berdampak pada musim di Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close