Antisipasi Mudik, Rest Area KM 88 Tol Cipularang Tambah 100 Toilet

Nusantaratv.com - 19 April 2022

Tol Cipularang. (Antara)
Tol Cipularang. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pengelola Rest Area KM 88 Tol Cipularang PT Jasamarga Related Business (JMRB) bakal menambah sejumlah fasilitas guna mengantisipasi arus mudik lebaran 2022. Salah satunya adalah toilet portabel.

Rest Area KM 88 sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni 88 A arah Jakarta dan 88 B arah Bandung. Masing-masing dapat menampung lebih dari 500 kendaraan kecil dan 35 kendaraan besar di rest area A serta 150 kendaraan besar di rest area B.

Corporate Communication Manager JMRB Rahavica Putri menjelajah, sejumlah upaya yang dilakukan JMRB untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik di rest area.

Upaya ini mencakup pendirian posko pelayanan dan kesehatan, satuan tugas (satgas) tambahan baik di rest area milik PT JMRB ataupun di rest area mitra, serta penyediaan SPBU modular dan toilet.

"Sesuai dengan arahan dari Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), beberapa rest area yang dikelola oleh PT JMRB melakukan penambahan toilet. Di Rest Area KM 88 A dan B, masing-masing dilakukan penambahan sekitar 50 toilet," ujar Rahavica.

Sebelum penambahan toilet portabel, terdapat 65 toilet (wanita 32, pria 29, difabel 4) dan 20 unit urinoir di Rest Area KM 88 A. Sementara, di Rest Area KM 88 B menyediakan 75 toilet (wanita 38, pria 31, difabel 6) dan 33 unit urinoir.

Rahavica menjelaskan, Rest Area KM 88 A dan B dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari fasilitas pelengkap Standar Pelayanan Minimum (SPM) seperti toilet gratis, area parkir gratis, area makan/restoran, warung/ritel, SPBU, ATM, sarana ibadah, ruang terbuka hijau, dan sebagainya.

Di samping itu, ada pula fasilitas pelengkap yang dapat menunjang kenyamanan para pengguna jalan tol, antara lain arena bermain anak, vending machine, ruang laktasi, serta parkir kendaraan khusus wanita dan difabel.

Sementara, Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola oleh mitra resmi JMRB, dikabarkan tidak akan menambah fasilitas toilet portable ataupun SPBU portable, melainkan mengoptimalkan fasilitas yang ada.

"Secara umum tidak ada penambahan, melainkan kami memaksimalkan dan menyempurnakan fasilitas yang sudah ada termasuk ruang laktasi bagi para ibu. Kecuali adanya tenant dadakan," ujar Management Rest Area KM 57 Momo Sugema.

Berdasarkan catatan pengelola, Rest Area KM 57 memiliki kapasitas untuk menampung 188 mobil besar dan 594 mobil kecil. Selain itu, pengelola juga menyediakan 112 toilet (wanita 59, pria 49, difabel 4) dan 41 urinoir.

Adapun beberapa fasilitas tambahan antara lain 40 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), 6 minimarket, dan 6 tenant branded. Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan ATM, layanan SPBU dan musala yang dapat memuat 500 orang dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kendati tidak ada penambahan fasilitas, Momo mengatakan Rest Area KM 57 akan menyediakan posko mudik terlengkap di Indonesia, yang mencakup kawasan posko ATPM mobil Toyota, Honda, Mitsubishi, Daihatsu, Astra Group, Dunlop, Hyundai dan seterusnya. Ada pula posko mudik Bank Indonesia, Bank (BRI), dan posko Telkomsel.

"Semaksimal mungkin semuanya, kami upayakan semaksimal mungkin dalam rangka menunjang kelancaran dan kenyamanan para pemudik. Termasuk antisipasi one way terutama rambu-rambu ketika arus balik," tandas Momo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close