Anies: Stadion JIS Bikin Jakarta Jadi Megapolitan Terbesar

Nusantaratv.com - 09/10/2022 16:58

Jakarta International Stadium (JIS). (Net)
Jakarta International Stadium (JIS). (Net)

Penulis: Yusuf

Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membanggakan keberadaan Jakarta International Stadium (JIS). Menurutnya, keberadaan stadion berkala internasional tersebut menjelaskan Jakarta sebagai ibu kota negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

"Stadion ini menjelaskan bahwa Jakarta sebagai kota megapolitan terbesar di belahan bumi selatan dan sebagai ibu kota di ASEAN," ujar Anies saat membeberkan capaian Pemprov DKI selama 2017-2022 dalam keterangannya, Minggu (9/10/2022).

Anies mengatakan, JIS merupakan stadion kelas dunia berstandar FIFA yang pembangunannya mempertimbangkan prinsip keberlanjutan dan kelestarian alam. Ini dibuktikan dengan JIS mengantongi predikat Platinum Green Building dan merupakan ruang publik berkonsep green building pertama di Indonesia.

Lebih lanjut, kata Anies, stadion berkapasitas 82 ribu penonton ini memiliki banyak keunggulan, seperti menggunakan rumput hybrid berkualitas, dilengkapi dengan atas buka tutup (retractable roof) yang menjadikannya sebagai stadion multi-use, serta fasilitas sky view deck dan stadion yang terintegrasi dengan transportasi.

"Dengan kapasitas dan fitur atap buka tutup, JIS menjadi stadion beratap penuh terbesar di Asia Pasifik, berbeda dan lebih besar daripada National Stadium di Singapura dan Tokyo Dome, di Jepang yang berkapasitas 55.000 orang," jelas dia.

Kini, JIS yang sudah rampung dibangun. Anies memastikan stadion itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan warga Jakarta.

"Stadion ini diharapkan memberikan masa depan yang cerah, sekaligus menjadi bagian dari perjalanan penting sejarah bangsa Indonesia," ucapnya.

Selain JIS, Anies membeberkan saat ini dibangun 5 lapangan sepak bola berstandar FIFA di lima kota administrasi Jakarta. Kelima lapangan tersebut yaitu Lapangan Ingub Serdang di Jakarta Pusat, Lapangan Ingub Muara Angke di Jakarta Utara; Lapangan Ingub Kemanggisan di Jakarta Barat, Lapangan Ingub Jagakarsa di Jakarta Selatan dan Lapangan Ingub Klender di Jakarta Timur.

Kemudian, melalui Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) di Ragunan, dibuka kesempatan bagi para pelajar seluruh Indonesia yang memiliki bakat serta prestasi di bidang olahraga untuk menjadi atlet pelajar DKI Jakarta. Dengan beragam fasilitas kelas dunia yang dimiliki PPOP DKI Jakarta, dapat diciptakan 656 atlet pelajar yang mampu membawa nama DKI Jakarta dan Indonesia di kancah nasional serta internasional.

Terakhir, Pemprov DKI juga rutin menggelar atraksi seni di ruang-ruang publik yang tersebar di berbagai titik. Pada 2021, misalnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI telah menggelar 226 atraksi seni di ruang publik dan 20 atraksi pada 2022. Atraksi tersebut di antaranya Musik Tepi Barat, Christmas Carol, dan Jakarta Imlekan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in