Anies ke ABG Citayam Fashion Week: Jaga Kebersihan!

Nusantaratv.com - 20 Juli 2022

Anies di kawasan Citayam Fashion Week. (Net)
Anies di kawasan Citayam Fashion Week. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gubernur DKI Anies Baswedan mendukung fenomena Citayam Fashion Week, yang dipelopori para remaja dari sejumlah daerah penyangga Jakarta yang kerap nongkrong di kawasan sekitar Taman Dukuh Atas, Jakarta.

Menurut dia, Citayam Fashion Week merupakan bentuk kebebasan berekspresi anak-anak muda. Ia pun tak mempermasalahkan hal tersebut.

"Itu bagian dari ekspresi anak muda dan memang anak muda itu kan berani buat terobosan ya, anak muda ini berani buat inovasi, kita hormati, mereka adalah perwakilan dari masa depan, jadi kita hormati mereka," ujar Anies di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).

Meski begitu, Anies meminta para remaja tersebut harus tetap menjaga ketertiban dan kebersihan kawasan itu. Anies pun takkan melarang para remaja asal Citayam itu menyalurkan ekspresi mereka di kawasan tersebut.

"Selama satu, jaga kebersihan, jaga ketertiban, hormati orang lain, hargai orang lain. Itu yang harus dijaga. Jadi, kalau itu dilakukan, maka itu lah kebebasan berekspresi," kata dia.

Adapun pada Selasa siang, Anies mengajak rombongan bank investasi Eropa ke Dukuh Atas dan berjalan ala 'Catwalk Citayam Fashion Week' di zebra cross kawasan tersebut.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, Head of VP Kris Peeters' Office Sunita Lukhoo, dan Head of EIB Group for Southeast Asia & The Pacific Lucas Lenchant.

Anies mengatakan tujuan kawasan Dukuh Atas memang dibangun guna menjadi ruang ketiga di tengah masyarakat. Menurut dia ruang ketiga adalah ruang bersama, tempat orang-orang bisa merasakan kesetaraan dan punya kesempatan untuk datang.

Di ruang ketiga itu, menurutnya, siapa pun tidak perlu merasa minder ataupun tinggi hati. Sebab, kata dia, tempat itu dibangun untuk menyetarakan semua masyarakat dari berbagai kalangan.

"Karena tempat itu tempat yang menyetarakan bagi semua dan silakan menggunakan tempat ini untuk apa yang menjadi kebahagiaannya," kata Anies.

Citayam Fashion Week sedang viral di media sosial dan menjadi sorotan masyarakat umum.

Fenomena ini disebabkan banyak anak muda dari daerah penyangga Jakarta seperti Bojong Gede, Depok, Bekasi, Tangerang dan Citayam datang dan berkumpul di Dukuh Atas, Jakarta.

Kebiasaan mereka mengenakan pakaian mencolok bisa dilihat setiap sore di wilayah Dukuh Atas. Belakangan jumlah mereka membeludak pada akhir pekan, sehingga memunculkan istilah Citayam Fashion Week.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close