Anies Kaget Presiden Komentari Debat, Jokowi: Saya Bicara untuk 3 Capres

Nusantaratv.com - 09 Januari 2024

Capres Anies Baswedan.
Capres Anies Baswedan.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai capres nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi Jokowi yang mengomentari debat capres. Jokowi menegaskan komentarnya itu untuk tiga calon dan untuk perbaikan ke depan.

"Saya berbicara untuk ketiga calon, dan untuk perbaikan ke depan juga," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (9/1/2024).

Ia menegaskan apa yang diungkap soal debat itu untuk introspeksi semua paslon. Jokowi mengaku tak mendeskriditkan calon tertentu.

"Untuk introspeksi kita semuanya, untuk evaluasi kita semuanya. Saya tidak berbicara satu calon atau dua calon," kata dia.

Sebelumnya, Anies mengaku heran mengapa seorang presiden ikut berkomentar. Anies mulanya mengatakan pernyataan yang ia sampaikan dalam debat perihal kebijakan. Menurutnya, publik juga bisa menilai secara terbuka terkait kebijakan yang dibuat suatu institusi.

"Sebenarnya, yang dibahas tadi malam semua soal kebijakan, kebijakan-kebijakan yang dilakukan, dan ini adalah bagian dari publik bisa melakukan penilaian atas kebijakan-kebijakan yang dibuat," ujar Anies kepada wartawan di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Anies menyebut justru aneh jika ungkapan yang ia sampaikan dinilai mengarahkan ke personal capres lain. Ia menyebut pembahasan yang ia lontarkan tak ada ke ranah personal.

"Malah aneh, kalau dipandang sebagai personal, ini sama sekali nggak ada yang personal. Semuanya adalah tentang kebijakan. Bisa direview ulang kok, apa yang kemarin dibahas," jelas dia.

Ia mengaku terkejut dengan pernyataan Presiden Jokowi. Anies lantas mempertanyakan mengapa seorang presiden memberikan komentar terkait evaluasi debat pilpres 2024 ketiga.

"Jadi malah saya agak terkejut, kok Pak Presiden ikut komentar soal debat ya? Jadi saya rasanya nggak mau berkomentar terlalu banyak dah, biar publik aja nanti yang menilai," tandas mantan Gubernur DKI Jakarta. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close