Anies dan Gubernur Lain Pulang, Cuma Kepala Daerah Ini yang Temani Jokowi Kemah di IKN

Nusantaratv.com - 14 Maret 2022

Presiden Jokowi saat kemah di IKN. (Agus Suparto)
Presiden Jokowi saat kemah di IKN. (Agus Suparto)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hanya ditemani Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022) malam.

Sementara puluhan gubernur yang mengikuti prosesi ritual Kendi Nusantara kembali ke daerah masing-masing. Total 34 kepala daerah provinsi dari seluruh Indonesia diundang hadir di titik nol IKN guna memasukkan air dan tanah dari wilayah yang dipimpinnya ke kendi nusantara.

Sejumlah gubernur yang pagi ini ikut dalam upacara di titik nol IKN itu antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kepastian para gubernur itu tak turut serta berkemah dengan Jokowi di IKN itu dikonfirmasi Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Tapi, Heru tak membeberkan alasan para kepala daerah tak ikut berkemah bersama Jokowi.

"Semua (gubernur) pulang, kecuali Gubernur Kaltim," ujar Heru, Senin (14/3/2022).

Heru pun menjelaskan alasan enam orang gubernur tidak hadir pada ritual Kendi Nusantara pagi tadi. Heru menerangkan para gubernur tersebut telah meminta izin kepada Jokowi untuk tak hadir.

Enam gubernur yang absen pada Kendi Nusantara adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

"Semua izin karena kesehatan kurang fit," kata dia.

Diketahui, sejak kemarin Jokowi berada di Kalimantan Timur. Dan, hari ini dia menyambangi Titik Nol IKN yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Di tempat itu, Jokowi menerima tanah dan air dari 34 provinsi. Dia pun mencampur tanah dan air itu sebagai simbol persatuan dan kesatuan.

Jokowi melanjutkan kegiatan di ibu kota negara baru dengan menanam pohon. Ia pun akan berkemah di lokasi ibu kota baru. Dia akan bermalam di tengah hutan dengan sebuah tenda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close