Angin Kencang Sebabkan Puluhan Rumah Rusak di Lubuklinggau, Satu warga Luka Berat

Nusantaratv.com - 11 April 2022

Angin kencang berdampak pada kerusakan rumah dan korban luka di  Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, pada Minggu (10/4/2022) petang. (BPBD Kota Lubuklinggau)
Angin kencang berdampak pada kerusakan rumah dan korban luka di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, pada Minggu (10/4/2022) petang. (BPBD Kota Lubuklinggau)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Angin kencang yang terjadi pada Minggu (10/4/2022) sekitar pukul 17.30 WIB, di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), berdampak pada kerusakan rumah dan korban luka. Kejadian tersebut berlangsung saat hujan lebat mengguyur wilayah kota.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, kerusakan terdampak berada di RT06, Kelurahan Eka Marga, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan hari ini (11/4/2022), sebanyak 20 KK terdampak, serta 1 warga lain mengalami luka berat. Korban luka telah mendapatkan perawatan medis," ujar Muhari dalam keterangannya, Senin (11/4/2022). 

Di samping warga terdampak, angin kencang mengakibatkan kerusakan dan pohon tumbang. BPBD Kota Lubuklinggau merilis total rumah rusak berjumlah 20 unit. Sebanyak 3 unit rumah warga rusak berat, sedangkan sisanya rusak ringan. Kerusakan bangunan kebanyakan atap rumah yang terhempas oleh kuatnya angin kencang. 

"Segera setelah mendapatkan laporan warga Kelurahan Eka Marga, tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kota Lubuklinggau menuju ke lokasi terdampak. Petugas membantu warga untuk mengevakuasi warga yang luka. Selain itu, mereka membersihkan pohon tumbang serta material atap yang rusak. Langkah selanjutnya adalah pendataan keluarga terdampak angin kencang," lanjutnya. 

Menyikapi peristiwa ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga. Upaya memantau prakiraan cuaca dapat dilakukan untuk antisipasi dampak yang dipicu dari hujan lebat. 

Sementara itu, informasi prakiraan cuaca pada hari ini, atau Senin (11/4/2022), menunjukkan wilayah Kota Lubuklinggau masih berpeluang berawan tebal hingga hujan ringan. 

"Kesiapsiagaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk meminimalkan dampak korban jiwa maupun kerugian material. Upaya pemangkasan ranting pohon sekitar rumah dapat mengurangi potensi risiko pohon tumbang serta penguatan struktur atap rumah sehingga dapat bertahan saat angin kencang terjadi," tukas Muhari.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close