Angin Kencang Potensi Terjadi Saat Balapan Formula E Jakarta

Nusantaratv.com - 01 Juni 2022

Formula E. (Net)
Formula E. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​Nusantaratv.com - Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fahry Rajab menjelaskan cuaca di Jakarta Utara dan sekitarnya, termasuk Ancol cerah berawan saat balapan Formula E digelar akhir pekan ini.

Sebelumnya sempat ada kekhawatiran terjadinya hujan deras di sertai angin saat Formula E digelar. Kekhawatiran itu berkaca dari kejadian ambruknya kerangka besi penyangga atap tribun ke bangku penonton pada Jumat (27/5/2022).

"Secara umum cuaca cerah berawan. Peluang terjadinya angin kencang dalam durasi singkat cukup kecil ya, walaupun tidak bisa dikatakan tidak ada peluang sama sekali juga," ujar Fahry. 

Berdasarkan mitigasi harian yang dibuat BMKG, lanjut Fahry, angin datang dari arah selatan hingga tenggara dengan kecepatan 0 sampai 10 km/jam.

"Prakiraan cuaca daerah Ancol pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 cuaca cerah hingga berawan dan berpotensi hujan ringan pada sore/malam hari. suhu : 25 - 31 derajat celcius. Arah angin dari arah selatan hingga tenggara dengan kecepatan angin 0 -10 km / jam," jelasnya menambahkan.

Pihak penyelenggara yang diwakili Principle HSE Consultant Formula E Operation Richard Bates mengatakan akan menggunakan informasi dari BMKG terkait prediksi cuaca. Bates juga memastikan balapan mobil listri seri Jakarta itu tanpa pawang hujan dalam pelaksanannya.

Di dunia balapan, cuaca ekstrem sering terjadi. Kondisi tersebut juga dianggap bukan sebagai hal yang terlalu dikhawatirkan.

"Kami menggunakan informasi dari BMKG untuk prediksi iklim dan cuaca, kita enggak bisa mengubah cuaca, tapi kita punya rencana mitigasi," ujar Richard

Formula E Jakarta 2022 akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6) mendatang. Indonesia untuk kali pertama akan menjadi tuan rumah ajang balap mobil bertenaga listrik. Rangkaian balapan Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada Jumat (3/6/2022) hingga Sabtu (4/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close