Angin Kencang Menumbangkan Pepohonan Di Pusat Kota Sampit

Nusantaratv.com - 18 November 2022

Angin kencang merobohkan pohon di tepi Jalan Iskandar, Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (18/11/2022). (Dokumentasi Warga)
Angin kencang merobohkan pohon di tepi Jalan Iskandar, Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (18/11/2022). (Dokumentasi Warga)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Angin kencang menumbangkan pepohonan di pusat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, tetapi tidak sampai menimbulkan korban.

"Laporan sementara ada empat pohon besar yang tumbang. Syukur saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur Rihel di Sampit, Jumat.

Angin kencang yang datang bersama hujan sekitar pukul 13.00 WIB, menurut dia, menyebabkan pohon tumbang di kawasan Taman Kota, Jalan Iskandar, Jalan HM Arsyad, dan Jalan Kopi Selatan.

"Petugas sedang membersihkan batang pohon yang tumbang," kata Rihel.

Menurut Badan Meteorologi dan Klimatologi Stasiun Meteorologi Haji Asan Sampit, saat angin kencang meliputi pusat Kota Sampit kecepatan maksimum angin 27 knot atau 54 km/jam.

Warga yang sedang berkendara umumnya menghentikan kendaraan mereka dan mencari tempat berlindung saat angin kencang dan hujan datang.

"Banyak pohon besar yang sudah tua di sisi jalan, makanya saya lebih memilih singgah karena khawatir takut ada pohon yang tumbang," kata Rahmat, warga Sampit yang sedang mengendarai sepeda motor saat angin kencang datang.

Rahmat berharap pemerintah daerah memeriksa kondisi pohon-pohon besar di pinggir jalan serta memangkas pohon atau batang pohon yang sudah tua atau lapuk agar tidak roboh dan menimpa warga semasa hujan dan angin kencang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close