Anggota DPRD berharap kebudayaan Kaltim harus maju untuk sambut IKN

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Marthinus. (ANTARA/R'sya R)
Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Marthinus. (ANTARA/R'sya R)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Timur Marthinus berharap, sektor kebudayaan seperti tari-tarian dan perfilman di Kaltim harus terus mengalami kemajuan, terutama dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Dalam rangka menyambut hadirnya IKN dengan persiapan maksimal dari seluruh sektor, termasuk dari segi kebudayaan," kata dia di Samarinda, Kamis.

Ia mendorong seluruh Anggota Panitia Khusus (Pansus) Pemajuan Kebudayaan Kaltim agar mempercepat hasil kerja agar bisa segera disampaikan ke kementerian terkait.

Saat ini, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pemajuan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diketahui telah memasuki tahap uji publik.

"Ranperda Pemajuan Kebudayaan sudah uji publik. Tentunya segera diajukan ke kementerian guna mempercepat hasil kerja pansus," katanya.

Dia menegaskan tantangan IKN harus dihadapi bersama oleh seluruh kota penyangga di "Benua Etam" dengan persiapan matang.

Marthinus menuturkan tentang keharusan daerah setempat bersiap menerima tantangan IKN dalam seni dan budaya karena bagaimanapun juga kalau IKN pindah di Kaltim, warga lokal tidak hanya menjadi penonton.

"Jadi bukan lagi orang Jakarta, bukan lagi orang Bandung, Yogya, Surabaya yang jadi artis, tapi orang Samarinda, Balikpapan, maupun Kukar (Kutai Kartanegara)," ujarnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close