Anggota Densus Tewas Ditembak di Rusun Polri Cikeas, IPW Desak Polri Transparan Gelar Rekontruksi, Uji Balistik Forensik, dan Visum

Nusantaratv.com - 28 Juli 2023

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com .- Kasus tewasnya anggota Polisi bripda IDF akibat ditembak oleh rekannya yang juga anggota polisi yang terjadi di rusun Polri Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Pada minggu (23/07 dini hari, Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polri agar transparan dalam Penyelidikan dan Penyidikan terkait kasus tersebut, dalam mengungkap faktor kelalaian atau kecelakaan, Polri harus melakukan tiga hal yakni Rekontruksi, Uji Balistik Forensik , Serta hasil Visum arah tembakan yang masuk menjadi sangat penting dan saksi dilokasi.

"Tewasnya Bripda IDF oleh sesama Anggota Densus ini satu peritiwa yang harus dijelaskan oleh Polri, Karena terkait kelalaian walau mungkin terjadi, densus adalah satuan unit khusus dalam keahlian penggunaan senjata, IPW Menduga unsur kelalaian sendiri sangat kecil, kecuali mereka dalam keadaan tidak dapat memgontrol diri akibat zat-zat tertentu, akibat alkohol atau narkoba,"jelas Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso Jumat (27/07)

Kalau ini terjadi akibat kelalaian, Sugeng melanjutkan, atau menjawab kesengajaan ada isu terjadinya keributan, maka transparansi penyelidikan dan penyidikan adalah kuncinya.

"Polri harus melakukan tiga hal yakni Rekontruksi atas perisitiwa tersebut, Uji balistik Forensik, atau visum, arah tembakan yang masuk kepada tubuh korban IDF sangat penting dan keterangan saksi dilokasi" katanya

Sugeng menuturkan ini adalah satu perisitiwa  pidana, transparansi dibutuhkan agar keluarga korban berhak mendapatkan keadilan dalam kasus ini.

"Penggunaan senjata dianggota Polri, hanya dapat dilakukan menurut paraturan kepolisian adalah adanya ancaman nyawa masyarakat atau anggota Polisi, namun disini korban dan Pelaku adalah anggota Polisi, jadi  harus didalami kecelakaan kesengajaan," bebernya

Sugeng mengatakan proses transparansi  penyidikan dan sanksi yang diberikan sangat penting disampaikan kepada publik, serta dia meminta agar adanya pengawasan kepada anggota Polri agar peristiwa serupa tidak terulang kembali. (Kontributor Nusantara Tv Arief Permana)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close