Andika Perkasa Capres NasDem, Surya Paloh: Kita Ingin Mencalonkan yang Terbaik

Nusantaratv.com - 18 Juni 2022

Surya Paloh umumkan Andika Perkasa salah satu dari 3 capres Partai Nasdem/Ist
Surya Paloh umumkan Andika Perkasa salah satu dari 3 capres Partai Nasdem/Ist

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Rakernas partai NasDem telah rampung digelar. Ketua Umum Nasdem Surya Paloh juga telah mengumumkan tiga nama sebagai capres 2024 mereka antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ketiga nama itu menurut Surya Paloh adalah yang terbaik.

"Saya nyatakan apapun keputusan kita, kita ingin mencalonkan yang terbaik untuk kepentingan bangsa ini," ujar Surya Paloh dalam pidatonya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (17/6).

Dari ketiga nama, Andika Perkasa, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, menurut Surya Paloh akan dipilih lagi satu nama untuk menjadi capres, tetapi hal itu disebutnya masih menunggu hari baik.

"InsyaAllah kita akan tetapkan satu, waktu dan tempatnya kita cari hari baik, bulan baik. Bagi kita tidak ada satu pun hal yang amat membuat kita terdesak," lanjut Surya Paloh. 

Surya Paloh menjelaskan bahwa Anies, Andika, dan Ganjar memiliki kualifikasi yang sama dan memenuhi kriteria dari Partai Nasdem. Urutan yang ia sebutkan juga bukan peringkat dari ketiga nama itu.

Rakernas Partai Nasdem telah memilih tiga nama bakal capres yang telah diserahkan kepada Surya Paloh. Harapannya, tiga nama tersebut kemudian akan mengerucut menjadi satu nama capres pada akhir tahun ini.

"Kita serahkan kepada Pak Surya, biar Pak Surya yang berkontemplasi untuk memutuskan satu nama. Kapan saatnya akan dilakukan, semoga sebelum akhir tahun sudah ada satu nama," ujar Sekretaris Steering Committee (SC) Rakernas Partai Nasdem, Willy Aditya.

Partai Nasdem, jelas Willy, baru mengantongi setengah tiket untuk mengusung capres di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, partainya belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

"Kami akan taaruf, kami akan bangun kesepahaman dengan partai-partai lain dengan tiga nama ini. Siapa yang kira-kira mereka akan cocok, atas dasar itulah kemudian koalisi dibangun," ujar Willy.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close