Ampuh Atasi Kepadatan, Polisi Masih Terapkan One Way-Contraflow Saat Mudik Lebaran 2024

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Korlantas Polri dan pihak terkait telah menyiapkan upaya antisipasi menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2024.
Korlantas Polri dan pihak terkait telah menyiapkan upaya antisipasi menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepolisian dan pihak terkait telah menyiapkan antisipasi dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Salah satunya melakukan sistem satu arah atau one way di jalan tol, saat masyarakat mudik maupun kembali dari kampung halaman. 

"Kemudian yang kedua, kita akan berlakukan juga sistem satu arah atau one way pada saat puncak arus mudik maupun balik di beberapa ruas jalan tertentu," ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan, usai rapat persiapan pengelolaan arus mudik-balik Lebaran 2024, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/3/2024). 

Sistem lawan arus atau contraflow, juga bakal diterapkan guna mengurangi kepadatan kendaraan saat arus mudik maupun balik terjadi. Upaya ini dilakukan tidak hanya di jalan bebas hambatan. 

"Kemudian kita juga mengatur sistem contraflow di beberapa ruas jalan baik itu di tol maupun di arteri, nanti juga diatur pada saat puncak-puncak arus lalu lintas," kata dia. 

Korlantas pun melakukan pembatasan melintas bagi kendaraan tertentu saat arus mudik serta balik. Ini berlaku bagi kendaraan sumbu tiga ke atas, atau kendaraan yang total memiliki sumbu roda tiga di bagian depan maupun belakang, seperti truk tronton. 

Walau demikian, tak semua kendaraan sumbu tiga ke atas dilarang melintas. 

"Dan ada beberapa pengecualian untuk (kendaraan sumbu tiga ke atas pengangkut) bahan pokok, dan bahan.. masyarakat dan BBM," tutur Aan. 

Polisi dan pihak terkait, juga akan mengatur arus kendaraan yang hendak menyeberang melalui pelabuhan. Terutama Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. 

"Kita akan terapkan sistem penundaan perjalanan, delaying system," ucapnya. 

Pihaknya turut membuka sejumlah pelabuhan, selain Pelabuhan Merak, yang bisa diakses untuk menuju Sumatra oleh kendaraan dengan kategori tertentu. Pelabuhan ini yakni Ciwandan dan Pelabuhan BBJ Bojanegara. 

"Dan ada satu lagi pelabuhan yang dipersiapkan ketika terjadi kontijensi atau kepadatan yang sangat meluap," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close