Amerika Serikat Siap Bantu Ukraina, Latih Pilot Jet Tempur F-16

Nusantaratv.com - 12 Agustus 2023

Juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby. (Anadolu Agency)
Juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Amerika Serikat (AS) siap membantu Ukraina melakukan pelatihan terhadap pilot jet tempur F-16.

Jet tempur F-16 itu disediakan NATO untuk membantu Kiev dalam perjuangannya melawan Rusia. Hal itu disampaikan Gedung Putih pada Jumat (11/8/2023).

Sekutu Eropa saat ini memimpin upaya pelatihan tersebut, namun juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, jika upaya mereka tercapai, maka pihaknya secara terbuka membantu memberikan pelatihan bagi pilot Ukraina di Amerika Serikat.

"Ini adalah proses multi-langkah, dan kami berkomitmen untuk membantu sekutu kami mempercepat proses itu secepat mungkin," kata Kirby kepada wartawan, dilansir dari Anadolu Agency, Sabtu (12/8/2023). 

"Presiden (Joe Biden) menyetujui untuk menyediakan Ukraina dengan pesawat generasi keempat ini, dan kami sangat ingin bergerak maju dengan menyediakan Ukraina kemampuan jangka panjang itu," lanjutnya.

Denmark dan Belanda memainkan peran utama di antara negara-negara Barat dalam melatih pilot Ukraina dengan jet tempur F-16. Inggris secara terpisah memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada pilot Ukraina karena instrumentasi dan manual pesawat tersebut ditulis dalam bahasa Inggris.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])