Amerika Serikat Diisukan 'Paksa' Taiwan Belanja Senjata untuk Hadapi Ancaman China

Nusantaratv.com - 14 Juli 2022

Ilustrasi bendera AS dan Taiwan/ist
Ilustrasi bendera AS dan Taiwan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah Amerika Serikat (AS) diisukan menekan pihak berwenang Taiwan agar membeli sistem senjata AS untuk menghadapi kemungkinan invasi China.

Media AS, New York Times mengabarkan hasil pembicaraan antara perwakilan yang tidak disebutkan namanya dari otoritas AS dan Taiwan. 

Peristiwa di Ukraina meyakinkan AS dan Taiwan bahwa invasi militer China di tahun-tahun mendatang menimbulkan bahaya nyata. 

Menurut sekutu jika senjata dan strategi yang tepat, angkatan bersenjata akan mampu memukul mundur musuh yang lebih besar, termasuk China.

Saat ini, menurut surat kabar itu, Washington sedang mempelajari dengan cermat kemampuan pertahanan militer Taiwan untuk menentukan apakah dapat mengusir invasi potensial dari tentara China.

Sementara itu, tidak semua orang di Taipei setuju dengan pendekatan ini. 

Menurut catatan media tersebut, AS menolak untuk memasok Taiwan dengan senjata tertentu, seperti helikopter MH-60R Seahawk, dengan alasan fakta bahwa mereka diduga tidak cocok untuk operasi tempur melawan China.

Baca juga: Jika Diinvasi China, Taiwan Harap Dunia Jatuhkan Sanksi Terhadap Beijing

AS telah memperingatkan rekan-rekan Taiwannya bahwa Departemen Luar Negeri akan menolak permintaan tersebut.

Mereka juga mendesak produsen senjata AS untuk menahan diri dari meminta badan pemerintah AS untuk menyetujui kesepakatan dengan Taiwan untuk senjata tertentu.

Menariknya, di tingkat resmi, Amerika Serikat menyangkal bahwa China sedang mempersiapkan invasi bersenjata ke Taiwan. 

Sehari sebelumnya, Juru Bicara Pentagon, John Kirby menyatakan bahwa Washington tidak melihat tanda-tanda Beijing mempersiapkan operasi semacam itu.

Kedutaan China di Washington sebelumnya mendesak AS harus berhenti memasok senjata ke Taiwan. 

Menurut diplomat China, Beijing berhak untuk menanggapi jika campur tangan dalam situasi di sekitar pulau.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close