Agenda Paus Fransiskus Hari Ini: Bertemu Jokowi di Istana hingga Gelar Dialog

Nusantaratv.com - 04 September 2024

Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Indonesia, pada Selasa, 3 September 2024. (Foto: Istimewa/Kemenag)
Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Indonesia, pada Selasa, 3 September 2024. (Foto: Istimewa/Kemenag)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 4 September 2024, pukul 09.30 WIB. 

Diketahui, Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Indonesia, pada Selasa, 3 September 2024, dengan menggunakan pesawat komersial Alitalia.

Setelah mendarat, Paus Fransisks langsung menuju Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta, dengan menggunakaan kendaraan Toyota Kijang Innova Zenix berpelat SCV 1 warna putih. 

Kedubes Vatikan merupakan tempatnya menginap selama berkunjung di Indonesia. Selain bertemu dengan Presiden Jokowi, Paus Fransiskus juga akan berjumpa dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat sipil. Pertemuan ini berlangsung di Aula Istana Negara, Jakarta.

Agenda Paus Fransiskus lainnya yakni melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. Dia juga akan menggelar pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) di Gereja Katedral, Jakarta.

Paus Fransiskus kemudian akan bertemu para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan, Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia menyambut hangat lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia. "Terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat Datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia,” kata Jokowi melalui keterangan di Istana Merdeka pada Selasa, 3 September 2024.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengungkapkan, kunjungan Paus Fransiskus ini sangat bersejarah dan merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Paus Paulus VI pada 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

"Kunjungan ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah. Sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu, tapi tertunda karena pandemi Covid-19," jelasnya.

Presiden Jokowi menambahkan, Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen yang sama dalam memupuk perdamaian dan persaudaraan serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia.

Dijelaskannya, Paus Fransiskus selama empat hari kunjungan di Indonesia akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat. 

Paus Fransiskus juga diagendakan melakukan pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal dan memimpin misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close