Agar Harga Minyak Goreng Stabil, 300 Ribu Ton Sawit Kebutuhan Dalam Negeri Harus Dipenuhi

Nusantaratv.com - 21/09/2022 22:01

Mendag Zulhas saat meninjau harga minyak goreng di pasar/net
Mendag Zulhas saat meninjau harga minyak goreng di pasar/net

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan tidak ada penghapusan kebijakan Domestic Market Oblibation (DMO) sawit. Pernyataan Mendag Zulhas didukung sepenuhnya oleh Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Syailendra. Hal itu menurutnya memang perlu dilakukan agar menjamin kepastian pasokan minyak sawit domestik, sehingga pasokan dan harga terjaga.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, kebijakan Domestic Market Oblibation (DMO) sawit mengharuskan pelaku usaha memasok 300.000 ton minyak sawit mentah ke dalam negeri.

Menurut Syailendra, kebijakan DMO sawit terbilang efektif dalam menjaga pasokan dan harga minyak goreng di dalam negeri.

"Iya, 300 ribu ton per bulan supaya pasokan terjaga. Dan ini betul realisasinya, kami pantau terus. Hampir-hampir tidak pernah di bawah itu," ujar Syailendra.

Sementara, terkait potensi ekspor minyak sawit yang mungkin hilang karena DMO masih berlaku. Syailendra mengatakan dalam hal ekspor masih dapat dilakukan dalam jumlah yang juga besar.

"Kalau 300 ribu ton disuplai, dikali sembilan, maka ekspornya itu 2,7 juta ton. Itu di Jawa saja. Kalau dia kemas seperti Minyakita, kali lagi 1,5. Kalau dia Indonesia Timur tambah lagi porsinya," ujar Syailendra.

Ia menambahkan Kemendag terus melakukan evaluasi dalam rapat setiap Selasa dan Jumat. Adapun hasil evaluasi menunjukkan bahwa Minyakita sudah tersedia di berbagai pasar dengan harga 14.000 per liter.

"Saya sudah ke Manokwari, Sorong, Jayapura, Timika, Merauke itu kita kirim dan harganya sama," pungkas Syailendra.

Selanjutnya Mendag akan melepas pengiriman Minyakita untuk wilayah Indonesia Timur, dimana pada 24 September 2022 akan ada pengiriman dari Surabaya ke Maluku Utara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
MTsN 19-1665114623
Tembok roboh-1665113948
ISIS-1665111520
Tragedi Kanjuruhan-1665109117