Adu Massa di Kampanye Akbar: Anies-Cak Imin di JIS, Prabowo-Gibran di GBK

Nusantaratv.com - 10 Februari 2024

Suasana Kampanye Akbar Prabowo-Gibran. (Foto: Habieb Febriansyah)
Suasana Kampanye Akbar Prabowo-Gibran. (Foto: Habieb Febriansyah)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan melakukan kampanye akbar di dua tempat yang berbeda di Jakarta pada hari ini, Sabtu 10 Februari 2024. 

Anies-Cak Imin kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS) sedangkan Prabowo-Gibran di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. 

Ajang kampanye akbar hari ini tentu saja menjadi ajang adu banyak massa bagi kedua pasangan calon. Hal itu dianggap menjadi modal penting yang sangat menentukan untuk merebut simpati masyarakat pada hari pencoblosan 14 Februari 2024. 

Lantas paslon mana yang berhasil memenangkan kontestasi adu banyak massa pada kampanye akbar hari ini? 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengklaim setengah juta atau 500.000 orang telah mendaftar untuk hadir pada kampanye akbar di GBK yang akan digelar pada pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Data resmi menyebut kapasitas GBK (single seat dimana satu orang satu tempat duduk) hanya sanggung menampung sebanyak 77.193 orang. 

“Namanya ini kegiatan untuk umum, kami tidak bisa menghalangi, kami tidak bisa mencegah orang-orang yang ingin datang,” kata Nusron Wahid pada Kamis, 8 Februari 2024.

Nusron juga menyebut hampir semua tokoh pendukung Prabowo-Gibran akan hadir, antara lain, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pun akan hadir, dan para menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo seperti Erick Thohir dan Bahlil Lahadalia.

Kampanye akbar bertajuk ‘Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju’ itu nantinya juga dihadiri oleh sejumlah pesohor tanah air, di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Kiki Saputri, Lesti Kejora, Rizky Billar, dan Rachel Vennya, Dewa 19 Feat Ello dan Ari Lasso, Andre Taulany, Atta Halilintar, dan Aurel Hermansyah.

Prabowo-Gibran dijadwalkan memasuki stadion pada pukul 15.00 WIB. Calon Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan untuk pidato sekitar pukul 16.00 WIB.

Tiket Kampanye AMIN Diakses 3,5 Juta Orang

Terpisah, Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi Alaydrus mengatakan tiket kampanye akbar AMIN di Jakarta International Stadium (JIS) langsung diserbu simpatisan dan pendukung. Angkanya sangat mengejutkan. Dalam hitungan menit ada 3,5 juta orang yang mengakses tiket kampanye akbar AMIN. 

Data resmi menyebut kapasitas JIS hanya 82.000. 

Lapangan JIS dilengkapi penutup rumput untuk mengantisipasi kerusakan. Area lapangan berkapasitas sekitar 10 ribu orang. Jadi bagian dalam JIS bisa menampung 92 ribu orang.

"Kalau jumlah kuota di JIS 92 ribu, kalau di luar kita enggak tahu," ujar Syaugi.

Bagi masyarakat yang tak bisa masuk ke dalam JIS, mereka bisa menonton via layar besar yang disediakan di luar stadion.

Bahkan untuk masyarakat yang tak bisa mencapai JIS juga bisa menikmati kampanye AMIN dari sejumlah titik yang disediakan dan disertai panggung kecil.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan, para simpatisan dan pendukungan AMIN dari berbagai daerah telah memadati JIS sejak Jumat (9/2/2024) malam. Selain menggunakan kendaraan pribadi dan bus ada juga yang datang ke JIS dengan bersepeda atau gowes dari daerah asalnya. Ada yang dari Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon dan lainnya. Mereka sengaja datang lebih awal dan rela menginap agar bisa masuk ke dalam JIS mengikuti kampanye akbar AMIN secara langsung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close