Ada Pungli di Rutan KPK, Besarannya Mencapai Rp 4 Miliar!

Nusantaratv.com - 19 Juni 2023

Rutan KPK. (Tribunnews.com)
Rutan KPK. (Tribunnews.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dewan Pengawas (Dewas) KPK mendapati dugaan pungutan liar (pungli) terhadap tahanan di rutan KPK. Jumlahnya mencapai Rp 4 miliar.

Ini diungkapkan Anggota Dewas KPK Albertina Ho dalam konferensi pers di gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023). Menurutnya,  temuan ini merupakan hasil pengutusan Dewas, bukan laporan pihak lain.

"Tanpa pengaduan, jadi kami di sini ingin menyampaikan Dewan Pengawas sungguh-sungguh mau menertibkan KPK ini dan tidak, siapa saja, kami tidak pandang," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah pungli itu termasuk fantastis, yakni Rp 4 miliar. Jumlah tersebut merupakan temuan sementara dari Desember 2021 sampai Maret 2022.

"Desember 2021 sampai dengan bulan Maret 2022 itu sejumlah Rp 4 miliar, jumlah sementara," kata dia.

Dirinya tak menutup kemungkinan jumlah itu bertambah. Ia mengatakan Dewas KPK akan mengusut dari sisi etik. Dia menyerahkan tindak pidana pungli di rutan KPK kepada aparat penegak hukum.

"Ini ada unsur pidananya dan Dewan Pengawas sudah menyerahkan kepada pimpinan," jelas dia.

"Masalah kode etiknya, kami juga sudah melakukan klarifikasi-klarifikasi, nanti setelah semua teman-teman juga akan mengetahui siapa saja yang dibawa ke sidang etik," imbuh Albertina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close