Ada Pihak Kembalikan Rp27 M di Kasus BTS, Menpora Dito Mengaku Tak Tahu

Nusantaratv.com - 05 Juli 2023

Menpora Dito Ariotedjo. (Net)
Menpora Dito Ariotedjo. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bicara soal adanya pihak yang mengembalikan uang senilai Rp27 miliar ke salah satu tersangka dugaan korupsi proyek BTS Kominfo, Irwan Hermawan. Dito menyebut tak mengetahui terkait pengembalian dana tersebut.

"Saya tidak tahu menahu terkait itu," ujar Dito
ditanya wartawan apakah pihak yang mengembalikan Rp27 miliar dirinya atau bukan, di Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7/2023). 

Ia menegaskan dirinya sudah datang ke Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melakukan pemeriksaan terkait dugaan aliran dana Rp 27 miliar tersebut. Dito pun meminta agar proses resmi terus berjalan.

"Saya tidak tahu menahu dan kemarin saya sudah datang ke kejaksaan, sudah melakukan proses resmi jadi biarkan lah proses resmi yang kita lihat," katanya. 

Sebelumnya, pengacara Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan, Maqdir Ismail mengklaim ada seseorang yang mengembalikan uang senilai Rp 27 miliar ke kliennya. Maqdir pun menyinggung soal orang yang menjanjikan penghentian perkara kasus korupsi BTS Kominfo.

"Sudah ada yang menyerahkan kepada kami (Rp 27 miliar), hari ini tadi pagi," ujar Maqdir usai sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (4/7/2023).

"Sepanjang yang saya dengar, ada yang menjanjikan bisa menghapus perkara ini untuk menghentikannya," imbuhnya.

Maqdir enggan menyebutkan siapa yang mengembalikan uang tersebut. Maqdir mengatakan uang yang diterima dari seseorang itu akan dikembalikan ke Kejaksaan Agung.

"Ya yang ada-ada, tetapi saya tidak bisa memastikan dia markus atau bukan," kata Maqdir.

"Sekarang sudah akan diserahkan ke kejaksaan. Rencananya hari ini," imbuhnya.

Maqdir mengatakan uang Rp 27 miliar yang diserahkan itu dalam bentuk tunai. Uang tersebut berbentuk mata uang asing.

"Ya (Rp 27 miliar). Uang cash. Mata uang asing," jelas Maqdir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close