Ada 51 Paslon Perseorangan di Pilkada 2024, Termasuk di Jakarta

Nusantaratv.com - 30 Agustus 2024

Dharma Pongrekun dan Kun Wardana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan di Pilkada DKI Jakarta/ist
Dharma Pongrekun dan Kun Wardana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan di Pilkada DKI Jakarta/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Masa pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024 telah berakhir. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut ada 51 bakal pasangan calon perseorangan atau jalur independen yang maju pada Pilkada serentak 2024.

"Data terakhir yang masuk ke Silon Pilkada hingga pukul 23.59 WIB (Kamis 29/8) terdapat 51 pasangan calon perseorangan," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik, Jumat (30/8/2024) dikutip dari Antara. 

Menurut dia, untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terdapat satu pasangan calon perseorangan yaitu di Provinsi DKI Jakarta.

Sementara sisanya kata Idham, bakal pasangan calon perseorangan bupati dan wakil bupati berjumlah 38 pasangan calon. Sedangkan untuk tingkat kota yaitu calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 12 pasangan.

"Calon perseorangan ini untuk tingkat provinsi hanya ada di DKI Jakarta yaitu pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana," tuturnya.

Ia menambahkan untuk pasangan calon kepala daerah yang maju melalui partai politik atau gabungan partai politik selama tiga hari pendaftaran menerima sebanyak 1.467 pasangan calon mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

Ia merinci bahwa provinsi yang menggelar Pilkada 2024 terdapat 37 dan dari jumlah tersebut terdapat 100 pasangan calon yang mendaftar melalui jalur parpol.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten lanjut Idham, dari 415 daerah penyelenggara Pilkada total terdapat 1.095 pasangan calon. Sementara untuk tingkat kota terdapat 93 dengan jumlah 272 pasangan yang didaftarkan parpol dan gabungan parpol.

Idham memastikan selama proses pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 27-29 Agustus berjalan dengan lancar, dan ketika ada dinamika pun dapat tertangani dengan baik.

"Proses pendaftaran pasangan calon di rentang 27-29 Agustus atau selama tiga hari berjalan lancar," katanya.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close