647 Keluarga Terdampak Gempa di Nagrak Dapat Bantuan Dana Stimulan

Nusantaratv.com - 09 Desember 2022

647 Keluarga Terdampak Gempa di Nagrak Dapat Bantuan Dana Stimulan
647 Keluarga Terdampak Gempa di Nagrak Dapat Bantuan Dana Stimulan

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana stimulan kepada 647 keluarga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Menurut keterangan tertulis BNPB yang diterima di Jakarta, Jumat, pemerintah memberikan bantuan dana stimulan Rp15 juta kepada keluarga yang rumahnya rusak ringan, Rp30 juta kepada keluarga yang rumahnya rusak sedang, dan Rp60 juta kepada keluarga yang rumahnya rusak berat.

"Kembali mengingatkan apa yang menjadi arahan Presiden kemarin, bahwa penggunaan dana stimulan ini harus betul-betul untuk membangun rumah," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat secara simbolis menyerahkan dana stimulan kepada kepala keluarga yang rumahnya rusak akibat gempa di Desa Nagrak.

Dia mengatakan bahwa pembangunan rumah harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Karena wilayah Cianjur rawan mengalami gempa bumi, warga direkomendasikan membangun rumah tahan gempa.

"Konstruksinya bagaimana dapat melihat apa yang direkomendasikan oleh Kementerian PUPR, rumah tahan gempa bumi," kata Suharyanto.

Menurut data Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, gempa bumi menyebabkan 647 rumah rusak di Desa Nagrak.

Penyaluran bantuan dana stimulan kepada warga yang rumahnya rusak akibat gempa di desa itu dilakukan secara bertahap melalui Bank Mandiri.

Gempa yang pada 21 November 2022 melanda wilayah Kabupaten Cianjur mengakibatkan setidaknya 321 orang meninggal dunia serta menyebabkan 25.186 rumah rusak berat, 12.496 rumah rusak sedang, dan 20.367 rumah rusak ringan menurut data pemerintah.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])