63 Pesawat Tempur, 4 Kapal China Terlihat di Sekitar Taiwan

Nusantaratv.com - 08 November 2022

Ilustrasi. Taiwan mengatakan pihaknya melacak 63 pesawat tempur dan empat kapal perang Angkatan Laut China di sekitar negara pulau itu. (Anadolu Agency)
Ilustrasi. Taiwan mengatakan pihaknya melacak 63 pesawat tempur dan empat kapal perang Angkatan Laut China di sekitar negara pulau itu. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Taiwan mengatakan pihaknya melacak 63 pesawat tempur dan empat kapal perang Angkatan Laut China di sekitar negara pulau itu. 

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan setidaknya 31 pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) melintasi garis tengah, dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Kendaraan udara dan laut China tertangkap alat pelacak elektronik, pesawat patroli, kapal dan sistem rudal darat, menurut otoritas Taiwan. Demikian dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (8/11/2022).

China telah meningkatkan kegiatan militer di sekitar Taiwan sejak Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi memimpin delegasi yang mengunjungi negara pulau berpenduduk lebih dari 24 juta orang itu pada Agustus lalu.

China memandang Taiwan sebagai 'provinsi yang memisahkan diri' meski Taiwan telah memiliki pemerintahan sendiri sejak 1949. Beijing telah berjanji untuk merebut kembali pulau itu, termasuk dengan kekerasan jika diperlukan.

​​​​Selain untuk kekuatan militer, Beijing telah menurunkan tingkat dialog militer dengan AS dan menangguhkan kerja sama dalam masalah perubahan iklim, bersama dengan enam tindakan balasan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])