56 Tewas Akibat Cuaca Buruk Brasil

Nusantaratv.com - 30 Mei 2022

Banjir Brasil. (Net)
Banjir Brasil. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Jumlah korban tewas akibat hujan lebat hingga tanah longsor dan banjir di Brasil bertambah menjadi 56 orang. Sementara puluhan orang lainnya dinyatakan hilang.

"Pada Minggu, 56 orang terkonfirmasi meninggal dan 56 orang lainnya masih hilang di Recife dan Olinda [di negara bagian Pernambuco]," tulis pernyataan pertahanan sipil Brasil, Minggu (29/5/2022).

Di samping itu, 3.957 orang lainnya kehilangan rumah mereka.

Otoritas Brasil tengah mengupayakan penanggulangan atas bencana ini, termasuk mencari korban hilang. Sekitar 1.200 personel, sebagian di atas kapal dan helikopter, terus melakukan pencarian dan penyelamatan.

Menteri Pembangunan Daerah Brasil, Daniel Ferreira, mendesak personel berhati-hati lantaran cuaca buruk di Brasil diperkirakan berlanjut pada Minggu.

"Meskipun saat ini hujan sudah berhenti, namun kami memperkirakan hujan lebat akan terjadi dalam beberapa hari ke depan," jelas dia, mengutip AFP.

"Jadi hal pertama adalah mempertahankan langkah-langkah perlindungan diri," imbuhnya. 

Volume hujan di Recife pada Jumat malam dan Sabtu pagi mencapai 70 persen lebih tinggi dari yang diperkirakan selama Mei. Recife merupakan wilayah di Pernambuco yang paling parah terdampak bencana ini.

Otoritas Brasil menyebut setidaknya 35 tewas usai hujan lebat menyebabkan tanah longsor dan banjir pada Sabtu. Sebanyak 33 orang tewas di Pernambuco setelah tanah longsor menyapu lingkungan perkotaan di lereng bukit, sedangkan negara bagian Alagoas mencatat dua kematian.

Ahli memperkirakan hujan lebat di Brasil dipicu La Nina dan perubahan iklim.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close