56 Korban Gempa Cianjur Antre untuk Dioperasi di RSHS Bandung

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Korban gempa Cianjur.
Korban gempa Cianjur.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung merawat 84 korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menjelaskan, 56 korban di antaranya tengah menunggu antrean guna mendapat tindakan operasi.

"RSHS kemarin sampai 84 orang yang akan dioperasi, 56 dalam antrean operasi," ujar Kadinkes Jawa Barat Nina Susana Dewi saat ditemui wartawan di Plaza Gedung Sate, Kamis (24/11/2022).

Nina memastikan, semua biaya perawatan korban gempa Cianjur ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Jabar. Selain itu, pihaknya juga sudah menugaskan rumah sakit di wilayah lain untuk menerima rujukan pasien yang terkena dampak gempa tersebut.

"Biayanya akan ditanggung oleh Pemprov Jabar. Jadi nanti bila kesiapan di Cianjur terbatas, beberapa pasien akan kita kirim ke rumah sakit-rumah sakit yang bisa melakukan operasi-operasi," jelas dia.

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp 20 miliar untuk penanganan gempa Cianjur. Dana yang bersumber dari anggaran bantuan tidak terduga (BTT) APBD Jabar ini disiapkan selama masa tanggap darurat.

"BTT Rp 20 miliar sudah kita siapkan untuk kebutuhan tanggap darurat," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (23/11/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])